Kran Wisata Dibuka, Ekonomi Kembali Menggeliat

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Wisata Puncak Pundak Lembu atau P30 di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo resmi dibuka pada Rabu (12/8/2020) lalu. Pembukaan wisata alam itu sekaigus membuka destinasi wisata lainnya.

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko yang membuka wisata didampingi oleh forkopimda, perhutani, dan pemerintah desa setempat. Di lokasi, mereka meninjau sarana-prasarana penunjang wisata.

Puncak P30 lebih tinggi dari Gunung Bromo. Posisinya berada di sebelah barat Gunung Bromo berketinggian 2.329 meter diatas permukaan laut (MDPL).

Di Puncak P30, Gunung Semeru yang berada di sebelah selatan terlihat jelas. Begitupun sisi utara, panorama hijau memanjakan mata nampak terhampar. Tak heran P30 juga disebut sebagai negeri di atas awan.

Wabup Timbul mengatakan, dalam kondisi pandemi seperti saat ini, sektor wisatawan cukup terdampak. Bahkan ada yang mengaku tidak bekerja hingga 3 bulan terakhir. Tentu hal itu berakibat buruk pada perekonomian masyarakat.

“Dengan dibukanya sektor wisata ini, menjadi pemicu untuk mengobarkan semangat baru bagi pelaku wisata yang sebelumnya hanya berdiam diri bisa kembali beraktivitas. Harus ikut urun rembuk memberikan inovasi, kreativitas untuk mengembangkan wisata lokal,” kata Wabup Timbul,

Dengan diresmikannya wisata P30 ini, lanjut Wabup, merupakan simbol dibukanya seluruh wisata dibawah Pemkab Probolinggo. Namun, disamping itu, para pelaku wisata diwajibkan untuk tetap menegakkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan itu penting, mohon kiranya tetap disiplin. Dengan begitu, wisata jalan, ekonomi jalan dan yang lebih diharapkan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo semakin berkurang,” harap Timbul. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Sepekan, 13 Pasien Covid-19 di Probolinggo Sembuh

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …