Cakades di Probolinggo Didominasi Laki-laki

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ada 40 calon kepala desa (Cakades) di 12 desa dan 8 kecamatan yang akan bertarung dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo.

Sementara enam Bacakades yang tidak lolos, yakni dari Desa Bulu, ada tiga Bacakades gugur, Desa Clarak, dengan dua Bacakades yang gugur dan di Desa Tarokan, dengan satu Bacakades tersingkir.

“Dari 40 orang Cakades mayoritas laki-laki. Secara persentase hingga 97,5 persen. Hanya satu orang perempuan atau 2,5 persen yang lolos. Yakni dari Cakades Kecik,” kata Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Probolinggo, Bambang Susmoko, Selasa (5/11).

Sementara itu, Dandim 0820 Probolinggo, Letkol. Inf. Imam Wibowo meminta, dalam pelaksanaan Pilkades pada Senin 11 November mendatang, para Cakades untuk bersikap dewasa. Agar tidak tercipta situasi panas pada saat perhelatan nanti.

“Ibu-bapak calon kepala desa adalah contoh bagi para pendukungnya, ikrar jangan hanya menjadi ikrar, jangan membuat kerusuhan yang nantinya akan menghambat pembangungan. Jangan sampai ada adu domba dan hasutan,” katanya, Selasa (5/11).

Dalam hal ini, Imam menegaskan, kalau pihaknya tidak akan mentoleransi pihak-pihak yang akan berbuat onar. Sebab persaingan dalam pilkades bukan persaingan sampai mati, bukan pula menjadi ajang saling menjatuhkan.

“Kerawanan di dalam Pilkades kami akui, itu lebih tinggi dari Pilkada, Pileg ataupun Pilpres. Dalam hal keamanan dari pihak TNI, kami sudah siaga dengan 200 personel untuk menjamin kelancaran pilkades,” tegas Imam.

Diketahui sebelumnya, terdapat sembilan desa dari empat kecamatan yang berpotensi terjadi kericuhan. Yaitu, Kecamatan Kraksaan dengan dua desa, Kecamatan Besuk dengan tidga desa, Kecamatan Paiton dua desa dan Kecamatan Maron satu desa. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Puasa, Blewah Buah 'Wah' Pelepas Dahaga

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …