Gebrak Masker; Merdekakan Warga dari Covid-19

MAYANGAN-PANTURA7.com, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PPK) Kota Probolinggo, ‘turun gunung’ menyikapi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Organisasi pemberdayaan perempuan ini membagikan masker gratis kepada warga.

Masker gratis diberikan kepada warga tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-75, Senin (17/8/2020) pagi. Masker didistribusikan di Kampung Tangguh Semeru (KTS) di Kecamatan Mayangan dan Kademangan.

Masker yang dibagikan di dua titik itu, sebanyak 1.500 lembar. Adapun total keseluruhan sejumlah 7.000 masker, namun sebagiannya telah dibagikan beberapa hari sebelumnya.

“Pembagian masker sekaligus untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya bermasker. Sebab masker bisa melindungi diri dari penularan Covid-19,” kata Ketua Tim Pengerak PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin.

Gebrak Masker PKK ini, juga sebagai tindaklanjut atas intruksi Presiden Jokowi, agar seluruh kader PKK ikut terlibat dalam menyadarkan warga terkait Covid-19. Dengan begitu, penularan virus korona bisa ditekan sekecil mungkin.

“Mematuhi protokol kesehatan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh masyarakat, salah satunya dengan mengenakan masker,” papar Aminah.

Penggunaan masker, wajib dilakukan terutama jika beraktivitas diluar rumah. “Sebab tidak ada yang bisa bebas dari Covid-19. Sehingga perlu kita antisipasi penularannya melalui penggunaan makser setiap beraktivitas,” Ia menegaskan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo mengapresiasi gerakan ‘emak-emak’ ini. Langkah mereka dinilai signifikan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sebab virus ini bisa menular ke semua elemen baik pejabat maupun masyarakat umum tanpa terkecuali,” kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat menyerahkan masker secara simbolis kepada Tim Penggerak PKK.

Wali Kota berharap, pembagian masker gratis yang dilakukan Tim Penggerak PKK bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Baca Juga  Pedas! Harga Cabai Rawit di Kota Probolinggo Tembus Rp. 75 Ribu Per Kg

“Berikan pemahaman kepada masyarakat soal pentingnya masker sebagai prisai diri. Dengan disiplin bermasker ini, bisa mencegah penularan Covid-19,” tandas Wali Kota. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

Probolinggo,- Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo masih cukup tinggi. Sepanjang tahun 2023, Pengadilan Agama (PA) …