‘Pole Position’ di Lampu Merah, Pemotor Harus Jaga Jarak

MAYANGAN-PANTURA7.com, Jaga jarak aman (physical distancing) juga berlaku bagi pengguna motor dan sepeda di traffic light di Kota Probolinggo. Mereka harus menempati semacam ‘pole position’ saat berhenti di dekat lampu lalu lintas (traffic light).

Anggota Kodim 0820 Probolinggo dibantu kepolisian, Dinas Perhubungan dan Satpol PP setempat, memodifikasi ruang henti kendaraan roda dua di sejumlah simpang jalan, Rabu dini hari (15/7/2020).

Sejumlah ruang henti di lampu merah yang dimodifikasi ala ‘Starting Grid’ moto GP itu diantaranya di pertigaan Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Suroyo Kota Probolinggo (depan Makodim).

Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo menjelaskan, inovasi marka jalan merupakan inisiasi Pangdam V Brawijaya, yang kemudian direplikasikan di seluruh wilayah di Jawa Timur melalui jajaran Kodim.

“Pembuatan marka jalan ini dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah, khususnya bagi pengguna jalan raya di Lampu Merah guna pencegahan penularan Covid-19,” terang Dandim.

Dengan inovasi itu, imbuh Dandim, kerumunan pengendara roda dua saat berhenti di lampu merah dapat dihindari. “Selanjutnya akan dibuat juga di setiap lampu merah, baik di Kota maupun Kabupaten Probolinggo,” tuturnya.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya melalui Kanit Regident Satlantas Ipda Fredo Leonard menyebut, inovasi ini sifatnya masih uji coba. Tujuan utamanya adalah mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Penerapan physical distancing pada traffic light ini merupakan salah satu bagian dari konsep manajemen transportasi menuju kebiasaan baru,” paparnya.

Salah satu pengendara roda dua, Rudy (30) mengaku, sedikit bingung dan kaget saat berhenti di lampu merah. Sebab, tak biasanya pengendara dibatasi saat menunggu lampu hijau menyala.

“Saya sempat kaget dengan adanya marka kotak ini, eh ternyata tempat berhenti saat di lampu merah. Lebih nyaman dan aman antara jarak para pengendara motor lainnya,” ungkapnya. (*)

Baca Juga  Semalam, Terjadi Dua Kebakaran Lahan Ilalang di Lahan Pohon Jati

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …