Akhirnya, Akses Alun-alun Kota Kraksaan Kembali Dibuka

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perhubungan (Dishub), memutuskan membuka akses jalan dua arah di alun-alun Kota Kraksaan. Sebelumnya, akses jalan tersebut ditutup sejak Maret lalu akibat pandemi Covid-19.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto mengatakan, sebelumnya penutupan dilakukan untuk memutus akses jalan masyarakat karena bisa memunculkan potensi adanya perkumpulan di sekitar Alun-alun Kota Kraksaan.

“Kalau akses jalannya tidak ditutup, kemungkinan ada perkumpulan orang di Alun-alun Kota Kraksaan. Berhubung ada permintaan dari Muspika Kecamatan Kraksaan, makanya sekarang kami buka kembali,” kata Heri, Rabu (8/7/2020).

Pembukaan akses itu, lanjut Heri, untuk memberi ruang bagi pedagang di sebelah timur alun-alun agar mendapatkan pelanggan. Sebab, menurut dia, dengan ditutupnya akses jalan selama berbulan-bulan, pendapatan pedagang merosot drastis.

“Biar pedagang yang ada di timur alun-alun itu juga punya penghasilan, karena kan selama ini perekonomian mereka pastinya juga turut terdampak akibat Covid-19 di Kabupaten Probolinggo,” tutur Heri.

Meski begitu, sambung Heri, akses tidak sepenuhnya dibuka total. Pihaknya hanya melakukan pembukaan seperempat jalan saja dari lebar jalan seluruhnya. Dengan demikian, maka kendaraan roda 4 atau lebih tetap tidak bisa melintas.

“Hanya khusus untuk sepeda motor, kalau mobil masih belum bisa lewat. Ini juga untuk antisipasi ataupun jaga-jaga adanya kerumunan. Saya harap masyarakat bisa mentaati anjuran dari pemerintah untuk protokol kesehatan,” ungkap dia.

Terpisah, Murtadho, salah seorang pedagang di kawasan timur Alun-alun mengaku sangat dirugikan dengan penutupan dua akses di jantung kota tersebut. Apalagi, klaim pria berkepala plontos ini, pedagang di timur Alun-alun tak menerima bantuan apapun selama pandemi terjadi.

“Kalau sudah dibuka seperti sekarang kan lumayan. Meskipun tidak ramai pengunjung atau pembeli, tapi setidaknya ada pemasukan. Jadi terima kasih sudah dibuka lagi, meski hanya khusus untuk motor,” girangnya. (*)

Baca Juga  Empat Bulan, Warga Sukapura Konsumsi Air Hujan


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …