Bupati Probolinggo Kembali Terima Bantuan APD

MAYANGAN-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali mendapat bantuan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19. Bantuan ini sebagai bentuk sinergi antara pihak swasta dengan pemerintah daerah guna memerangi pandemi Covid-19.

Kali ini, bantuan berupa alat kesehatan (Alkes) dan alat perlindungan diri (APD) diberikan oleh Yayasan Rumah Kita yang bekerjasama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Sampoerna Untuk Indonesia.

Paket bantuan yang disalurkan berupa 2 unit Ventilator, 5.000 masker kain, APD full set 50 paket, 200 face shield dan 250 baju hazmat. Seluruh paket bantuan diserahkan langsung kepada Bupati Probolinggo, P. Tantriana Sari, Selasa (16/06/2020).

“Bantuan ini tentu sangat bermanfaat bagi para tenaga medis kami. Nanti ventilator akan ditempatkan di rumah sakit khusus Covid-19, yakni RSUD Tongas,” kata Tantri seusai prosesi serah terima bantuan di pendopo Bupati Probolinggo.

BANTUAN : Bupati Tantri saat meninjau bantuan alkes dan APD yang diberikan Yayasan Rumah Kita dan PT. Sampoerna. (Foto : Moh. Ahsan Faradies)

Berbeda dengan ventilator yang akan ditempatkan di RSUD Tongas, maka imbuh Tantri, APD akan diberikan kepada Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo. Sebab, menurutnya, BPBD lah yang mengurusi teknis pendistribusian bantuan sosial.

“Untuk APD, nanti akan kita pasrahkan kepada Kalaksa BPBD yang bertugas mengurusi teknis bantuan sosial. InsyaAllah, APD ini nanti akan disebar untuk tenaga medis di rumah sakit dan Puskesmas,” papar bupati.

Tantri mengaku sangat berterima kasih atas kepedulian berbagai pihak, termasuk perusahaan swasta, dalam pencegahan dan penanganan bencana non alam, Covid-19 atau virus corona.

“Terima kasih dukungannya, tentu bantuan ini dibutuhkan dan bermanfaat untuk menunjang kinerja para tenaga kesehatan yang berjuang menangani pasien Covid-19,” tandas perempuan pertama di Kabupaten Probolinggo ini.

Direktur Yayasan Rumah Kita, Andrianus menjelaskan, Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu wilayah yang menarik perhatian pihaknya. Sebab, imbuhnya, peningkatan jumlah pasien Covid-19 di daerah ini tergolong tinggi.

Baca Juga  Dulu Amburadul, Kini Jalan Besuk - Krejengan Mantap Betul

“Tenaga medis di Kabupaten Probolinggo perlu disupport, mengingat tren peningkatan jumlah pasien Vovid-19. Kami juga senang bisa berpartisipasi dalam pencegahan dan penanganan pandemi ini,” tuturnya.

Bantuan alkes dan APD tidak hanya kali ini saja di terima oleh Pemkab Probolinggo melalui bupati. Sebelumnya, bantuan serupa juga digelontorkan sejumlah perusahaan swasta hingga komunitas.

Sekedar informasi, sejauh ini jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Probolinggo sebanyak 122 orang. Mereka terdiri dari 102 orang pasien sembuh, 17 orang dalam perawatan dan 3 orang meninggal dunia. (***)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …