Masih Pandemi, Yadnya Kasada Bromo Bakal Digelar Terbatas

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pandemi Covid-19, tak membuat ritual Yadnya Kasada yang rutin diselenggarakan oleh warga Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo ditiadakan. Sebaliknya, ritual yang akan digelar pada 6 dan 7 Juli 2020 itu, akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Hanya saja, upacara sakral itu akan digelar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, hanya masyarakat Tengger di kawasan Gunung Bromo yang boleh mengikuti Yadnya Kasada dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kebijakan itu diketahui dalam rapat koordinasi (rakor) teknis pelaksanaan upacara Yadnya Kasada yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo di ruang pertemuan Jabung 2 Kantor Bupati Probolinggo, dengan tokoh masyarakat Tengger, Rabu (10/6/2020).

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto menjelaskan, Pemkab Probolinggo tetap mendukung kesuksesan pelaksanaan Yadnya Kasada. Meski terbatas dan hanya akan diikuti oleh masyarakat Tengger saja.

“Ada beberapa titik point pemeriksaan yang akan dilakukan oleh pihak keamanan sehingga akses masuk untuk kawasan Bromo steril dari masyarakat selain masyarakat Tengger,” terang Sugeng.

Tokoh Adat Masyarakat Tengger, Supoyo menyebut, sesuai musyawarah dengan sesepuh Tengger, Pemkab Probolinggo, PHDI dan PHRI, TN-BTS, tokoh masyarakat, tokoh agama dan kepala desa se-Kecamatan Sukapura, disepakati bahwa Yadnya Kasada tahun ini hanya diikuti oleh masyarakat Tengger.

“Dalam suasana masih pandemi Covid-19, kami berkomitmen untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. Kami mohon maaf, tidak menerima kunjungan tamu lokal bahkan internasional yang tujuannya berwisata di kawasan Gunung Bromo dan melihat ritual Yadnya Kasada,” lugasnya.

Meskipun demikian, Supoyo mewakili umat Hindu Tengger, tetap mohon doa restu agar pelaksanaan Yadnya Kasada berjalan dengan baik dan dukungannya untuk tidak hadir dan tidak melihat dari dekat ritual tahunan tersebut.

Baca Juga  Wow! Ada Wahana Paralayang Baru di Pasuruan

“Ritual Yadnya Kasada ini akan diikuti oleh masyarakat Tengger di 4 wilayah meliputi Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang. Selanjutnya kami akan mengadakan rapat lagi agar sama kebijakannya,” papar dia. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

TWSL Masih Jadi Wisata Favorit Libur Lebaran di Probolinggo

Probolinggo,- Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo masih menjadi tempat favorit warga pada libur …