SIAGA: Seorang petugas BPBD Lumajang sedang mengawasi kawasan wisata Pantai Watu Pecak selama libur lebaran. (foto: Asmadi).

Empat Wisata Air di Lumajang ini Dapat Pengawasan Khusus, Kenapa?

Lumajang,- Selama hari libur lebaran, 4 destinasi wisata air di Lumajang diperketat keamanannya. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya musibah di area wisata yang dapat merenggut korban jiwa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama dengan berbagai instansi terkait, termasuk TNI, Polri, dan relawan, telah melakukan pemantauan dan pengamanan secara intensif.

“Fokus utama pengamanan difokuskan pada empat titik penting, yakni Pemandian Alam Selokambang Desa Purwosono, Waterpark KWT Desa Wonorejo, Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar-awar, dan Pantai Mbah Drajit Desa Wotgalih,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Yudhi Cahyono, Minggu (14/4/24).

Lebih lanjut Yudi menyatakan, bahwa kegiatan pemantauan dan pengamanan di empat lokasi tersebut berlangsung mulai tanggal 11 hingga 20 April 2024.

“Dalam koordinasi dengan pihak terkait, termasuk Satpol PP, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, dan relawan SAR, langkah ini diambil untuk mencegah potensi kecelakaan air serta memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung di lokasi wisata,” papar dia.

Sejauh ini, imbuh Yudi, jumlah pengunjung di wisata Watu Pecak mengalami peningkatan. Hingga hari ini, ribuan pengunjung dilaporkan memadati area wisata Pantai Watu Pecak.

Selain penempatan personel keamanan, Tim Tanggap Respons Cepat (TRC), BPBD Kabupaten Lumajang juga tlmemasang rambu larangan atau peringatan mandi di pantai.

“Imbauan terus disampaikan kepada pengunjung agar tetap waspada saat berwisata, sambil melakukan patroli di sekitar pantai setiap satu jam,” jelasnya.

Hingga saat ini, tidak ada laporan kejadian berbahaya atau situasi tak terkendali dari Tim TRC BPBD di lokasi wisata. Namun, untuk mengantisipasi potensi kejadian buruk, tim gabungan telah siaga.

“Kami menyiapkan perlengkapan penyelamatan dan peralatan kesehatan untuk pertolongan pertama dari tenaga medis yang bertugas,” Yudi memungkasi. (*)

Baca Juga  Alami Diaphoretik, Penjual Rujak asal Lumajang Meninggal dalam Perjalanan Haji 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …