MAYANGAN-PANTURA7.com. Banjir yang menerjang sejumlah tempat tempat seperti, Kampung Merpati, Wiroborang juga Kampung Dok, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, sudah berangsur surut. Warga pun mulai membersihkan rumah mereka dari bekas banjir dan endapan lumpur, Jumat (29/5/2020).

Anang Siswanto, warga Kampung Merpati yang sibuk membersihkan rumahnya mengaku, jika banjir tadi malam akibat hujan deras. Akibatnya rumahnya dan warga Kampung Merpati terendam dengan ketinggihan hampir 75 cm. Sejumlah peralatan rumah tangga pun terkena dampaknya.

“Akibat hujan lebat itu air masuk ke dalam rumah warga yang mengakibatkan peralatan rumah berserakan, seperti meja dan kursi. Banyak juga sampah yang menempel di dinding maupun di pagar rumah,” katanya.

Menurutnya, selama ini banjir memang sering mampir dan merendam perumahan warga. Namun, kali ini yang paling parah ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Ia berharap pemerintah segera turun tangan guna menanggulangi banjir.

“Kami berharap pemerintah untuk menanggulangi banjir dengan cara menormalisasi sungai. Karena sepertinya sungai di wilayah Kampung Merpati sekarang sudah terlalu dangkal sehingga jika hujan lebat airnya meluap,” katanya.

Hal sama juga dialami warga Kelurahan Wiroborang tepatnya dekat pemakaman Astono Muyo. Hujan tadi malam membanjiri puluhan rumah warga sekitar.

Warga beramai ramai melakukan penyedotan dengan menggunakan mesin air. Tak lama berlangsung airpun mulai surut.(*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga  6.919 KPM Mulai Terima Bantuan BPNT