PAKUNIRAN-PANTURA7.com, Hujan deras yang disertai angin terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo, Kamis (28/5/2020) malam. Tak hanya mengakibatkan banjir, musibah ini juga merobohkan pohon asam di Kecamatan Pakuniran.

Beruntung, pohon roboh di jalan Desa Gunggungan Lor, Kecamatan Pakuniran itu tidak mengakibatkan korban jiwa. Tetapi, sempat membuat arus lalu lintas menuju arah Pasar Senin, Kecamatan Besuk dan Kecamatan Pakuniran lumpuh.

Kapolsek Pakuniran Iptu Haby Sutoko mengatakan, insiden pohon roboh diketahui dari laporan masyarakat. Ketika hujan mulai reda, pihaknya bergegas menuju lokasi kejadian.

“Hujan hampir seharian kemarin, mulai sore hingga malam. Kami mendapat laporan dari warga kalau ada pohon tumbang sampai menutupi jalan,” kata Haby, Jum’at (29/5/2020).

Setelah petugas mendatangi TKP, lanjut Haby, ternyata selain faktor hujan deras, pohon asam tumbang lantaran akar pohon yang tumbuh dipinggir jalan sudah cukup lapuk sehingga tidak kuat menahan gempuran hujan disertai ngin.

“Korban jiwa nihil, tidak seperti beberapa waktu lalu yang sempat mengenai pengendara sepeda motor karena hujan cukup deras, sehingga warga banyak yang enggan keluar,” ujarnya.

Pohon asam yang melintang ke pinggir jalan, sambung Haby, akhirnya berhasil dipindahkan setelah petugas kepolisian meminta bantuan masyarakat untuk bergotong royong memindahkan batang pohon ke tepi jalan.

“Karena ukuran pohon lumayan besar, butuh waktu lama untuk memindahnya ke ke tepi jalan. Batang pohon lantas dipotong-potong dengan gergaji ” tutup Kapolsek. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Hujan Guyur Kota Probolinggo, Sejumlah Permukiman Terendam