Baznas Salurlan 7 Ribu Zakat Fitrah dari ASN

LECES-PANTURA7.com, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo dibantu Karang Taruna, menyalurkan 1.290 paket zakat fitrah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Penyaluran zakat fitrah ASN, resmi dilepas di Kantor Kecamatan Leces, Rabu (13/5/2020).

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Achmad Muzammil mengungkapkan, ini adalah tahun kedua kerja sama Baznas Kabupaten Probolinggo dengan Karang Taruna. Tahun lalu, pendataan penerima zakat disiapkan oleh MWCNU Kecamatan Kraksaan.

“Tahun ini kami berikan keleluasaan kepada Karang Taruna untuk ikut mendata kaum fakir miskin yang ada di 11 kecamatan wilayah barat Kabupaten Probolinggo. Karena untuk wilayah timur kami bekerja sama dengan GP Ansor Kota Kraksaan,” terangnya.

Menurut Muzammil, tahun ini zakat fitrah yang diberikan mencapai 7.000 paket. Sebelum Ramadhan, pihaknya sudah mengeluarkan 3 ribu sembako. Dimana 7.000 paket ini, berasnya berasal dari zakat fitrah dan sembakonya berasal dari zakat mal.

“Semua ini diperuntukkan bagi kaum dhuafa di Kabupaten Probolinggo. Untuk wilayah barat ini kami berikan Karang Taruna sebanyak 1.290 paket dan sisanya diberikan kepada yang sudah rutin menjalin kerja sama,” papar Muzammil.

Khusus untuk Kecamatan Leces, menurut dia, ada tambahan paket dari Muslimat NU. “Nanti bisa koordinasi dengan Karang Taruna Kecamatan Leces supaya tidak tumpang tindih (penyalurannya),” tuturnya.

Muzammil berharap, pengurus Karang Taruna bisa kembali bekerja sama kedepannya. “Karena selama ini kami hanya mengumpulkan zakat dari ASN. Kemudian untuk stakeholder di masyarakat ada tapi tidak begitu banyak,” tandas Muzammil.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili mengucapkan terima kasih kepada Baznas yang telah memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada pengurus Karang Taruna untuk menjadi mitra Baznas sebagai penyalur zakat fitrah.

Baca Juga  Walikota Undang Rindi, Perjelas Masa Depannya dan Cabor Panjat Tebing

“Syukur Alhamdulillah, kami mempunyai kesempatan untuk membantu penyaluran zakat fitrah di 11 kecamatan wilayah barat di Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 1.290 paket,” ujarnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …