PSBB Diterapkan, Operasional Bus Terminal Purabaya Dihentikan

SIDOARJO-PANTURA7.com, Operasional bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Purabaya Sidoarjo, dihentikan sementara. Penghentian sementara ini dimulai sejak Selasa (28/4/2020) pukul 00.00 Wib hingga Senin (11/5/2020) pukuk 24.00 Wib.

Penghentian operasional bus AKAP dan AKDP di terminal terbesar di Asia Tenggara ini dilakukan menyusul keluarnya surat edaran (SE) dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

SE itu dikeluarkan seiring dengan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Surabaya raya, serta sebagian wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Gresik. Kebijakan PSBB yang bertujuan memutus mata rantai penyebaran covid-19, juga berlaku hari ini.

“Ya, penghentian sementara ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. Menurut rencana penutupan ini akan dilakukan sampai 11 Mei mendatang,” ujar Imam Hidayat, KA Unit Terminal Purabaya.

Selama penghentian operasional tersebut, semua bus AKAP dan AKDP dikandangkan di tempat perusahaan otobus masing-masing. Hanya bus kota yang masih melayani trayek tujuan Surabaya-Sidoarjo dan Gresik.

“Bus kota tetap beroperasi normal. Juga berlaku untuk angkutan umum kota, masih beroperasi di terminal ini,” tandas Imam.

Setiap hari, ada sekitar 1.600 unit bus AKAP dan AKDP yang dioperasikan di Terminal Purabaya. Namun dari jumlah itu, hanya sekitar 1.000 unit bus yang berjalan mengangkut penumpang setiap harinya.

Rata-rata jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Purabaya, mencapai 29 ribu orang per hari. “Namun sejak virus corona mewabah, jumlah penumpang turun drastis hanya sekitar 7 ribu orang per hari,” pungkas Imam. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Edarkan Koplo, Pria Kalibuntu Ditahan Polisi

Baca Juga

May Day 2024, K-Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Perkuat Identitas Serikat Buruh

Probolinggo,- Peringati Hari Buruh Internasional (May Day), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Buruh Muslimin …