645 Tukang Becak-Sopir Dibantu Rp600.000 per Bulan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com. Dampak pandemi virus Corona (Covid-10) yang terus meningkat penyebarannya, mengakibatkan sejumlah sopir bus, truk, angkot, tukang becak dan ojek pangkalan kelimpungan. Beruntung, mereka akan mendapatkan dana insentif Rp600 ribu/bulan selaa tiga bulan ke depan.

Hal ini disampaikan Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya, Kamis (16/4/2020). Dikatakan bantuan ini diharapkan meringankan beban ekonomi bagi mereka yang bekerja di sektor informal itu.

“Total sebanyak 645 orang terdiri atas sopir bus, pengemudi ojol, sopir truk, sopir angkot, dan abang becak. Jumlah tersebut, merupakan seleksi ketat dari Mabes Polri,” kata kapolresta.

Awalnya, Satlantas Porlesta mengajukan 800 nama calon penerima manfaat. “Namun yang mendapat bantuan sebanyak 645 orang,” kata AKBP Ambariyadi.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta, AKPTavip Hariyanto menambahkan, sebanyak 645 warga tersebut diminta membuka rekening pribadi di BRI. Soalnya, uang insentif itu akan ditransfer setiap bulan.

Harapannya, dengan pemberian bansos ini, ekonomi dari para sopir tersebut terbantu. “Selain itu, para sopir juga akan mendapatkan edukasi sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dalam pencegahan Covid-19,” imbuh Kasat Lantas.

Pada bulan kedua, nanti para sopir akan dilatih cara berkendara aman (safety riding) dan etika berlalu lintas yang dilaksanakan di kantor Sarpras Polres Probolinggo Kota. Selain itu, kata Kasatlantas, pihaknya tidak meninggalkan protokol pencegahan Covid-19.

Salah satu sopir,Harto mengaku, senang karena akan menerima bansos. “Yang jelas ini sangat membantu, sebab adanya Covid-19 kami sudah tidak bekerja lagi, lantaran penumpang sepi,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga  Cek Probolinggo, Gubernur: Tidak Ada Kelangkaan LPG 3 Kg

Baca Juga

Kafe D’Javu Kota Probolinggo, Tawarkan Kenikmatan Kopi dan Kereta Api

Probolinggo,- Ada kafe unik di Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo yakni, …