Yayasan Stapa Center Bantu Pemkab Probolinggo Tangani Covid-19

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mendapat berbagai bantuan dari sejumlah perusahaan dalam pencegahan dan penanganan virus corona atau covid-19. Bantuan ini sebagai bentuk sinergi antara pihak swasta dengan pemerintah daerah guna memerangi virus corona.

Salah satu perusahaan yang berkomitmen untuk menyalurkan bantuan kepada Pemkab Probolinggo adalah PT. HM Sampoerna. Bantuan disalurkan melalui Yayasan Stapa Center (Sosial Transformation and Public Awareness Centre) yang menjadi mitra pabrik rokok itu dalam program CSR (Corporate Social Responsibility).

Bantuan yang disalurkan diantaranya berupa portable sink sebanyak 7 unit, refill soap portable sink sebanyak 21 dus, spayer kit sejumlah 5 buah, refill disinfectant sprayer kapasitas 50 liter sebanyak 5 dus, dan disinfectant 100 liter sebanyak 5 dus.

Selain itu, ada handsanitizer 100 liter sebanyak 4 dus serta 2 dus masker berisi masing-masing 1000 helai. Bantuan tersebut diserahkan ke Posko Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, di Jalan Kol. Sugiono, Kota Probolinggo, Senin (13/3/2020).

Sekda Kab. Probolinggo, Soeparwiyono dan Ketua Satgas Covid-19 Kab. Probolinggo, Anggit Hermanuadi saat mencoba portable sink bantuan PT HM Sampoerna. (Foto : M. Rochim).

“Tentunya ini sangat membantu bagi kami, karena terus terang saja kami tidak mungkin selalu bisa menyiapkan secara maksimal. Kami butuh dukungan dari semua pihak, termasuk perusahaan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono, seusai menerima bantuan secara simbolis dari PT. HM Sampoerna dan Stapa Center.

Soeparwiyono berharap, makin banyak perusahaan di Kabupaten Probolinggo yang ikut andil dalam penanganan Covid-19 melalui program CSR. “Karena ini adalah kepentingan kemanusiaan, demi bangsa dan negara kita,” tuturnya.

Direktur Stapa Centre, Agus Rahmatullah, menyerahkan bantuan kepada Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kab. Probolinggo, Mahbub Zunaidi. (Foto : M Rochim)

Regional Relation dan Corporate Social Responcibilty (RRCRS) Executive PT HM Sampoerna, Kukuh Dwi Kristianto menjelaskan, selain bantuan dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD) dan tempat cuci tangan, pihaknya juga menyebar relawan yang akan merawat tempat cuci tangan serta melakukan gerakan sosial terkait Covid-19.

Baca Juga  Bencana Nasional Covid-19, Seluruh Kota Probolinggo Disemprot

“Kita berharap supaya disini kembali hijau, aman dan semuanya sehat,” tandas Kukuh.

Ia menambahkan, penyaluran bantuan Covid-19 ini merupakan yang pertama di Kabupaten Probolinggo. “Selanjutnya, kami akan koordinasi dengan Tim Satgas, intinya kami selalu siap membantu,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Stapa Center Agus Rahmatullah menyebutkan, selain Kabupaten Probolingho ada 3 daerah di Jawa Timur yang dipasok bantuan APD dan tempat cuci tangan. Di 4 daerah itu, ada pabrik PT. HM Sampoerna yang beroperasi.

“Selain Kabupaten Probolinggo, juga Kabupaten Pasuruan, Kota Malang dan Surabaya. Dalam distribusi bantuan ke masyarakat dan fasilitas umum, kami telah menyiapkan relawan,” ucap Agus menjelaskan. (*)


Editor : A. Zainullah FT
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …