Gerakan Sosial Covid-19, Relawan Bagikan Masker-Mamin

MAYANGAN-PANTURA7.com, Gerakan sosial menyikapi pandemik virus corona atau Covid-19, terus bermunculan. Di Kota Probolinggo, relawan ‘Warga Untuk Warga – Probolinggo Kompak’ membagikan masker, nasi bungkus hingga kopi bubuk kemasan kepada warga.

Salah satu relawan, Solehudin menyebutkan, aksi sosial yang digelar di Pasar Mangunharjo, Pasar Randupangger Kecamatan Mayangan serta sepanjang jalan raya PB Sudirman itu muncul, karena melihat realitas sosial masyarakat saat ini.

“Covid-19 ini tak hanya menjadi malaikat pencabut nyawa, akan tetapi juga melahirkan dampak sosial yang sangat mengerikan. Ekonomi terpuruk karena akses masyarakat dibatasi, perusahaan-perusahaan juga banyak yang melakukan PHK massal,” kata Solehudin, Senin (13/4/2020).

Atas dasar itulah, imbuh Solehuddin, relawan berswadaya agar bisa menyebar masker, nasi bungkus dan kopi bubuk kemasan kepada masyarakat, utamanya pedagang kaki lima (PKL) dan tukang becak. “Serta kelompok masyarakat miskin lainnya,” tutur dia.

Para relawan ini mendesak agar Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo lebih riil dalam memberikan bantuan kepada warga terdampak. Mereka menilai, kebijakan berupa himbauan dan seruan sudah tidak cukup untuk mengatasi dampak sosial Covid-19.

“Mereka yang selama ini hidupnya sudah, susah tentu akan semakin susah akibat Covid-19 ini. Masyarakat kecil bekerja hari ini untuk makan hari ini juga, sungguh memprihatinkan,” papar relawan lainnya, Abdul Rosyid.

Rosyid dan relawan lain berharap, gerakan sosial yang mereka galakkan dapat menginisiasi masyarakat mampu agar menyedekahkan hartanya kepada maayarakat yang kurang mampu. “Kami berterima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu kegiatan ini,” tandasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Diterjang Angin, Musala Ambruk Total

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …