Degan Bakar khas Kota Probolinggo, laris manis saat musim penghujan. (foto: Hafiz Rozani)

Kaya Khasiat, Degan Bakar Khas Probolinggo Diburu Warga saat Penghujan

Probolinggo,- Ada sebuah minuman dengan ramuan yang cocok diminum saat musim penghujan seperti saat ini. Minuman yang dipercaya berkhasiat untuk berbagai penyakit ini banyak diburu oleh warga Kota Probolinggo.

Minuman tersebut adalah degan atau kelapa muda bakar. Kelapa muda biasanya identik diminum dengan es. Namun di warung degan bakar milik Ferdi Wahyu Pratama (23) di Jalan KH. Hasan Genggong, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo termasuk kuliner panas karena dibakar.

Degan dibakar sekitar satu jam hingga kulit luar degan menghitam. Kemudian air beserta daging degan dicampur dengan beberapa bahan rempah, seperti jahe, keningar, serai, susu, dan kuning telur ayam.

Campuran itu langsung ditempatkan dalam batok degan, kemudian disajikan ke pembeli. Ada juga pembeli yang meminta minuman degan bakar dibungkus untuk diminum di rumah.

“Alhamdulillah, usaha degan bakar yang saya rintis tiga tahun yang lalu ini selalu ramai apalagi saat musim penghujan seperti saat ini, di mana dalam sehari 70 pelanggan datang untuk membeli degan bakar,” ujar Ferdi, Senin (22/1/2024).

Warga mempercayai khasiat degan bakar yang dijual Ferdi dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 18.000 per porsi ini. Di antaranya, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menghilangkan racun di dalam tubuh, meningkatkan stamina, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Warung Ferdi buka mulai pukul 18.00 hingga 00.00 WIB. Bahkan saat masih pertama buka pun, sudah ada pelanggan yang menununggu, karena saat musim penghujan, minuman ini menjadi favorit.

“Alhamdulillah dalam sehari saya dapat menjual 70 porsi, jika diuangkan, bisa sampai Rp1 juta,” ujar dia.

Sementara, Taufik, pelanggan asal Kelurahan Jrebeng Lor mengatakan, degan bakar ini cocok diminum saat musim penghujan. Setelah beberapa teguk minum, badan terasa hangat.

Baca Juga  Pj Bupati Lumajang 'Warning' Pemdes, Diminta Aktif Bantu Pencegahan Stunting

“Seminggu sekali saya minum degan bakar ini. Saat saya agak kurang enak badan, saya minum degan bakar, badan langsung enak,” ungkap Taufik. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …