Pemerintah Gratiskan Listrik, PLN Kraksaan Belum Terima Instruksi

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Rayon Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, mengaku belum menerima instruksi terkait kebijakan pemerintah pusat yang menggratiskan tarif pembayaran listrik selama 3 bulan kedepan.

“Untuk sementara ini kami belum menerima instruksi apapun terkait itu (tarif gratis, red). Apalagi ini sudah masuk menjadi isu nasional, jadi masih nunggu informasi dari (PLN) pusat,” kata Manager PLN Unit Kraksaan Muhammad Syafi’i, Rabu (1/4/2020).

Pada prinsipnya, imbuh Syafi’i, pihaknya akan menerima dan mendukung segala kebijakan pemerintah pusat. Termasuk soal pemakaian daya tarif listrik secara gratis untuk 450 VA selama bulan April, Mei dan Juni 2020.

“Kalau intruksi dari PLN pusat menyatakan bahwa pembayaran tarif listrik itu gratis, jelas kami akan menggratiskan juga untuk wilayah Kabupaten Probolinggo,” tutur dia.

Berhubung instruksi dari pihak PLN pusat masih belum diketahui, lanjut Syafi’i, pembayaran tarif listrik bagi pelanggan masih tetap berlaku seperti biasanya. Apalagi bagi pelanggan yang memiliki tunggakan pembayaran.

“Jika sudah ada intruksi dari PLN pusat, kami gratiskan. Terkecuali bagi pelanggan yang masih memiliki tunggakan pembayaran di bulan Februari dan Maret itu tetap harus dibayar,” ungkapnya saat dikonfirmasi via telepon.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan baru. Selama tiga bulan, pengguna listrik 450 VA tak perlu bayar tagihan alias gratis. Sementara, pengguna listrik 900 VA, hanya membayar separuh saja.

“Tentang tarif listrik, perlu saya sampaikan untuk pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan,” jelas Jokowi, Selasa (31/3/2020) kemarin. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Salaman Lama, Jokowi ‘Sentil’ Habib Hadi

Baca Juga

HPN PWI Jatim 2024 Digelar di Jember, Inilah Berbagai Kegiatannya

Jember,- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur tahun 2024 dipusatkan di Kabupaten Jember. Untuk …