Hasan Aminuddin Sebut Surat Edaran PMI Jatim Soal Corona Sesat

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Surat edaran (SE) siaga corona yang dikeluarkan Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur (Jatim) mengundang kegaduhan di masyarakat. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, mendesak Ketua PMI Jatim segera dicopot.

Menurut Hasan, statement ketua harian PMI Jawa Timur dalam surat edaran tentang 65 warga di Jawa Timur yang suspect virus corona merupakan kesesatan. Sebab statement itu, jelas Hasan, justru menambah kepanikan masyarakat.

“Statmen ketua harian PMI yang menyesatkan, membuat panik seluruh warga masyarakat. Padahal sudah diingatkan oleh Presiden, agar supaya semua tokoh tidak clometan bicara tentang virus corona,” kata Hasan saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Probolinggo, Kamis (5/3/2020).

Mantan Bupati Probolinggo ini mengaku, ia ikut tersinggung dengan keluarnya SE tersebut. Ia menilai, ketua harian PMI Jatim bertanggungjawab atas tindakan cerobohnya itu.

“Maka dari itu, kami selaku wakil rakyat mendesak kepada Ibu Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa yang sekaligus pembina PMI, untuk mencopot melalui Pak Imam Utomo selaku ketua umumnya, dengan alasan menyesatkan dan membuat panik,” kecam dia.

Sekedar informasi, PMI Jatim mengeluarkan SE dengan nomor 267/02.06.00/YANKES/III/2020, pada Selasa (3/3/2020) lalu. Dalam SE itu, disebutkan ada 65 warga Jawa Timur suspect virus corona.

SE ini juga sempat membuat Dinas Kesehatan dan PMI Kabupaten Probolinggo memberikan klarifikasi. Dua instansi itu menyebut, ada kesalahan redaksional dalam SE. Selain itu, SE itu hanya diperuntukkan bagi kalangan internal saja. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pemkab Probolinggo Keluarkan SE Pengawasan Anjing, Pecinta Anjing Wajib Tahu!

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …