Warga Meninggal Akibat Covid-19 Dijanjikan Bantuan

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sebanyak 187 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo meninggal dunia sejak pandemi Covid-19 melanda. Saat ini Dinas Sosial (Dinsos) setempat mengupayakan pihak keluarga pasien mendapatkan bantuan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, Ahmad Arif mengatakan, bantuan berupa uang tunai sebesar Rp5 juta yang akan diberikan langsung kepada ahli waris pasien positif Covid-19 secepatnya akan diajukan. Sambil lalu, kata dia, menunggu pengajuan dari pihak keluarga.

“Pengajuannya itu dari kami kepada pihak Dinas Sosial Pemerintah Provinsi (Pemprov), karena wacana bantuan dari kementerian (Sosial) sebesar Rp15 juta untuk ahli waris pasein Covid-19 itu dibatalkan,” kata Arif, Kamis (18/3/2021).

Pengajuan bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jawa Timur, menurut Arif cukup mudah. Pihak keluarga hanya harus membawa keterangan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dan surat hasil tes yang menyatakan positif Covid-19.

“Selain dua surat itu, pengajuannya harus dengan membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) Kartu Keluarga (KK), keterangan ahli waris. Dan yang paling penting itu ahli warisnya harus memiliki rekening aktif, karena bantuannya dikirim langsung,” tutut Arif.

Sementara ini, lanjut Arif, pihaknya hanya memiliki sebanyak 43 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari pihak ahli waris pasien Covid-19. Selebihnya, kata dia, pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi Persandian dan Informasi.

“Kalau untuk yang 34 KPM ini data langsung dari kementerian dan selain itu masih kami persiapkan. Intinya jika dari pihak ahli waris bersedia mengurus bantuannya tentu akan kami fasilitasi jika sudah memenuhi syaratnya,” tutup pria asal Kecamatan Paiton ini.(*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah


Baca Juga  Dua Pekan Coblosan Pilkades, Panlih Keluhkan BK Tak Cair

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …