Komisi II DPRD Desak Dinas Perikanan Benahi Pasar Ikan Mayangan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kesan Pasar Ikan Mayangan (PIM)yang kumuh dan becek dikeluhkan sejumlah pengunjung. Kondisi tersebut semakin parah bila turun hujan.

Namun Dinas Perikanan Kota Probolinggo akan terus berupaya menciptakan kondisi PIM yang bersih dan nyaman untuk masyarakat.

Berdasar pantauan PANTURA7.com pada Jumat (1/2/2019), sejumlah sudut di ruangan PIM normal seperti biasa. Transaksi penjual dan pembeli juga seperti biasanya.

Namun terlihat kondisi becek dan kubangan membuat pemandangan tak nyaman dilihat. Kondisi tersebut diperparah dengan hujan yang hampir tiap hari turun.

“Kalau hujan begini ini ya semakin becek.  Jadi harus ekstra hati-hati dan menutup hidung soalnya baunya tak sedap. Kasihan kan mereka sebenarnya datang dari rumah berbelanja ikan sambil rekreasi,” ucap Asiati (40), warga Kelurahan Kanigaran saat membeli ikan.

Hal tersebut mendapat perhatian dari anggota Komisi II DPRD Kota Probolinggo, Suwarsini. Dikatakan DPRD melalui Komisi II sudah sering mengingatkan Dinas Perikanan untuk segera menindaklanjuti rekomendasi agar dapatnya ada perubahan secara bertahap menuju PIM yang hiegienis.

“Kami di Komisi II punya harapan besar agar Pasar Ikan Mayangan menjadi pasar ikan higienis sesuai harapan pedagang dan pembeli. Tentunya tidak semudah membalikkan tangan. Semuanya butuh proses dengan tahapan-tahapan yang sudah diprogramkan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo, Sudiman mengatakan, sudah melakukan sejumlah langkah terkait pembenahan PIM. Mulai sosialisasi, pembinaan pedagang dan pembeli, melakukan bersih-bersih di lapangan, serta perbaikan sarana dan prasarana agar tidak terkesan tidak ada perubahan.

“Kami sudah melakukan program berkelanjutan, baik itu sosialisasi, pembinaan pedagang dan pembeli, dan perbaikan sarana dan prasarana. Tentunya itu tidak semudah membalikan tangan, butuh proses yang terintegrasi dengan OPD yang lainnya,” singkatnya. (*)

Baca Juga  Akademisi dan Pengurus Banyak Organisasi Itu Meninggal

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …