PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Probolinggo, Abdul Mujib, menyebut peran media massa sangat penting dalam membantu mempercepat pembangunan daerah. Peran media, kata dia, menjadi penyambung informasi kebijakan legislatif dan eksekutif dengan aspirasi masyarakat.

Hanya saja, menurut Mujib, tak semua pemberitaan media bisa berdampak positif dalam membantu pembangunan daerah. Pemberitaan yang negatif justru akan membangun pola pikir tak baik bagi masyarakat.

“Pembangunan daerah akan berjalan baik jika pemberitaan media mengangkat sisi positif. Jadi jangan selalu berita negatif yang dimuat,” terang Mujib saat silaturahmi bersama awak media di kafe jalan Pahlawan, Kota Probolinggo, Sabtu (2/11).

Mujib berjanji, institusinya akan tranparan dan merangkul seluruh media di Kota Probolingyo agar kebijakan dewan tersampaikan dengan baik kepada khalayak. Sebagai wakil rakyat, imbuhnya, kegiatan dewan tak boleh ditutup-tutupi.

“Transparansi ini penting, agar tidak hanya berita negatif saja yang dimuat sehingga membentuk pemikiran yang negatif di masyarakat. Kita harus membangun komitmen kebersamaan dalam pembangunan,” ucap politisi PKB ini.

Dalam silaturrahmi itu, sejumlah wartawan juga ‘wadul’ soal tidak koperatifnya dewan dalam pemberitaan. Selain dipersulit saat proses konfirmasi, wartawan juga diintimidasi dalam kerjasama pemberitaan.

“Saya pernah diancam penyetopan kerjasama pemberitaan dengan DPRD, karena mau nulis rencana dewan yang hendak kunker,” cerita Agus Purwoko, wartawan media cetak lokal di Kota Probolinggo.

Menanggapi hal itu, Mujib berjanji akan memperbaiki pola komunikasi dan koordinasi dengan awak media di Kota Probolinggo, tanpa terkecuali. “Untuk itulah saya hadir disini,” pungkasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainulah FT