Beras dan Rokok Picu Kemiskinaan di Kabupaten Probolinggo

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Kabupaten Probolinggo menjadi daerah termiskin ke empat di Provinsi Jawa Timur (Jatim), berdasarkan hasil pendataan Badan Pusat Statistik (BPS). Angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo menyentuh kisaran 17,76 persen.

Kepala BPS Kabupaten Probolinggo, Bagus Sunggono mengatakan, banyak faktor yang mempengaruhi sehingga angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo sangat tinggi. Namun jelas dia, ada dua faktor yang cukup dominan dibandingkan faktor lainnya.

“Dua faktor utama penyumbang angka kemiskinan adalah konsumsi beras dan rokok atau tembakau. Rata-rata konsumsi beras per kepala di Kabupaten Probolinggo sebanyak 7 kg per bulan,” kata Bagus di Gedung Islamic Centre (GIC) Kota Kraksaan, Kamis (27/2/20202).

Kepala BPS Kabupaten Probolinggo saat mengunjungi basecamp Pokja Jurnalis Kraksaan, di Gedung Islamic Centre. (Foto : Moh Ahsan Faradies).

Berdasarkan variabel-variabel yang ada, jelas Bagus, konsumsi beras di Kabupaten Probolinggo termasuk ekstrim. “Dikatakan ekstrim, karena konsumennya banyak dan harganya tinggi,” ia menjelaskan.

Dengan kondisi itu, Bagus berharap, subtitusi (makanan pengganti) berupa beras jagung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Lantaran masyarakat di Kabupaten Probolinggo perharinya mengkonsumsi beras 2 ons.

“Karena beras jagung harganya relatif murah. Karena pada kenyataan dari survey lapangan, beras 2 ons dan jagung 1 ons, yang seharusnya beras 1 ons dan jagung 1 ons. Jadi konsumsi beras di Kabupaten Probolinggo terbilang masih tinggi,” ujarnya.

Selain beras, menurut Bagus, konsumsi rokok juga punya andil besar terhadap tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo. Rata-rata, konsumsi rokok satu orang warga Kabupaten Proboling sebanyak 42,38 batang per bulan.

“Kami mohon kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo, agar kiranya memantau dan tidak membiarkan harga beras menjadi liar. Begitupun juga dengan konsumsi rokok,” tutur dia.

Sekedar informasi, BPS Jatim menetapkan hasil statistik data kemiskinan kabupaten/kota se-Jawa Timur, beberapa hari lalu. Dari hasil data akhir 2019, Kabupaten Probolinggo menjadi daerah termiskin keempat di Jawa Timur dengan angka 17,76 persen.

Baca Juga  Pasca Kebakaran, Desa Wonotoro Perbaiki Pipa Air Bersih

Sementara kabupaten dengan angka kemiskinam tertinggi adalah Kabupaten Sampang dengan angka 20,71, disusul Kabupaten Sumenep, dengan angka kemiskinan 19,48 dan di bawahnya ada Kabupaten Bangkalan, dengan angka kemiskinan 18,9. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …