SUSBANPIM Angkatan V Digelar di Pasuruan, Moeldoko Apresiasi

PANDAAN-PANTURA7.com, Kursus Banser Pimpinan (SUSBANPIM) Angkatan ke V digelar di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Senin (24/2/2020). Kursus ini merupakan jenjang kaderisasi tertinggi dalam hirarki pengkaderan di Barisan Ansor Serbaguna (BANSER).

SUSBANPIM dibuka dengan acara Apel kebangsaan yang dipimpin oleh Kepala Satuan Koordinasi Nasional (SATKORNAS) Banser, Alfa Isnaini, dengan Komandan upacara Irsyad Yusuf selaku Kasatkorwil Banser Jawa Timur.

Dalam arahannya, Alfa Isnaini menurkan, SUSBANPIM sebagai tingat tertinggi kaderisasi Banser berfungsi mencetak pimpinan Banser yang siap mengawal tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dari rongrongan musuh ideologi bangsa.

“Sebanyak 175 Peserta Susbanpim angkatan V adalah kader terbaik Banser yang hadir dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Sulawesi hingga Papua. Ini adalah Kekuatan Banser karena Kadernya yang tersebar ke seluruh pelosok tanah air.” kata Alfa.

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko saat memberikan arahan dalam apel SUSBANPIM Angkatan ke V di Taman Chandra Wilwatikta Pasuruan. (Foto : Zulkarnaen).

Apel kebangsaan yang diikuti ratusan kader Banser, termasuk didalamnya terdiri dari Kesatuan Khusus Banser seperti Banser Husada (BASADA), Banser Tanggap Bencana (BAGANA) dan Banser Penanggulangan Kebakaran (BALAKAR) berlangsung mulai pukul 13.00 hingga pukul 14.00 WIB.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn.) Moeldoko yang hadir bersama Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, tidak ada gaya baku dalam kepemimpinan. Menuru dia, gaya kepempimpinan yang efektif adalah kepemimpinan yang sesuai dengan lingkungan dan kondisi.

“Kader Susbanpim jika dalam tubuh TNI itu sama dengan Sesko, artinya tempat pendidikan para perwira yang mampu memimpin pasukan dengan gaya kepemimpinan yang mengerti kondisi dimana ia memimpin,” papar Moeldoko.

Menurut Moeldoko, Kementerian Pertahanan mempunyai agenda besar untuk membentuk satuan Komponen Cadangan Pertahanan. Moeldoko juga menyebut, Ansor Banser adalah mitra strategis pemerintah dalam menjaga ideologi bangsa.

Baca Juga  3 Pasien Covid-19 di Gempol Meninggal Dunia, ini Penjelasan Satgas

“Jika usulan dari Kementerian Pertahanan disetujui, saya berkeyakinan dengan kemampuan terlatih yang dimiliki maka Banser akan menjadi prioritas dalam komponen cadanganpertahanan jika regulasinya sudah disahkan,” jelasnya disambut riuh tepuk tangan peserta apel. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …