Disapu Hujan Deras, Rumah di Kotaanyar Roboh

KOTAANYAR-PANTURA7.com, Cuaca ekstrim berupa hujan lebat yang terjadi pada Senin (17/2/2020) malam, mengakibatkan salah satu rumah warga di Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo roboh. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Rumah yang roboh diketahui milik Pagiono (49) warga Desa Triwungan, Kecamatan Kotaanyar. Robohnya rumah awalnya dimulai dari atap hingga ke pondasi dan seluruh isi rumah

Kepala Desa (Kades) Triwungan, Jamaluddin Joni mengatakan, robohnya rumah selain karena hujan derad juga dipicu kontruksi bangunan. Menurut Kades, kayu-kayu penyanggah rumah sudah lapuk dan kropos dimakan usia.

“Kalau hujannya lebat, tapi anginnya tidak terlalu kencang. Untung rumah roboh saat pagi hari, ketika pemilik rumah sudah berangkat kerja. Jadi tidak sampai ada korban jiwa,” kata Kades Joni.

Rumah itu, imbuh Kades Joni, sudah tidak memungkinkan untuk ditempati kembali. Sebab kontruksi rumah hingga peralatan rumah tangga, mayoritas rusak berat.

“Karena robohnya langsung amblas seketika, jadi banyak yang rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Untuk tempat tinggal korban nanti, masih kita dicarikan solusinya,” tutur Joni.

Saat ini, lanjut Kades, rumah milik Pagiono dalam proses kontruksi ulang setelah pemerintah desa mendatangkan material bahan bangunan, seperti semen, batu bata dan pasir. Dana pembangunan rumah untuk Pagiono, klaim Joni, menggunakan dana pribadinya.

“Rumah milik Pagiono ini sudah masuk dalam anggaran desa item RTLH (Rumah Tidak Layak Huni, red) tahun 2020. Tapi karena dananya masih belum turun, jadi pakai dana pribadi dulu,” ujar Joni. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pohon Tumbang di Wonorejo Tutup Akses Pasuruan - Malang

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …