Hadiri Panen Raya Padi di Pasuruan, Mentan; Ayo Panen 3 Kali Setahun

NGULING-PANTURA7.com, Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo memimpin panen raya padi di Desa/Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Rabu (12/2/2020) siang. Kepada petani, Mentan mengajak mereka memaksimalkan alat pertanian modern.

Kunjungan ini tak lepas dari sistem pertanian di Kabupaten Pasuruan, yang mayoritas sudah menggunakan alat pertanian teknologi berbasis modern. Baik untuk proses tanam maupun saat memanen padi.

“Dengan air melimpah, petani di Kabupaten Pasuruan bisa bercocok tanam hingga tiga kali dalam setahun. Panen pertama bisa digunakan untuk menanam padi, tanam kedua menanam jagung dan tanam ketiga bisa menanam yang lain,” kata Mentan.

Lahan untuk pertanian di Kabupaten Pasuruan, diketahui sebanyak 39.432 hektar. Puluhan hektar lahan itu mampu memproduksi padi sebanyak 753.400 ton gabah per tahun. “Alam cukup tersedia untuk kita, tinggal memanfaatkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Syahrul juga menekankan bahwa kran ekspor import sejauh tidak terdampak oleh virus corona yang sekarang mewabah di Cina. Pemerintah, papar dia, tetap membuka ekspor impor ke negeri tirai bambu itu.

“Tidak ada yang ditutup, namun pemerintah melakukan pengetatan pengawasan terhadap impor komoditas di bidang peternakan. Kalau produk holtikultura tidak ada dampak,” tutur mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini.

Kementerian pertanian sendiri menargetkan produksi beras sebanyakk 3 juta ton per bulan pada tahun 2020. Target ini tak lepas dari nilai konsumsi pangan yang diprediksi meningkat tahun ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Pemkab Lumajang Sita Ratusan Bungkus Rokok Ilegal, Kerugian Negara Ratusan Juta

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …