Pasar Hewan Maron Kerap Macet, Dewan Rancang Jalur Lingkar

MARON-PANTURA7.com, Kemacetan arus lalu lintas yang kerap terjadi di jalan raya Maron, tepatnya di Pasar Hewan Maron, Kabupaten Probolinggo, menuai polemik. Warga dan pengguna jalan mengeluhkan kondisi yang sudah berlangsung bertahun-tahun tersebut.

Keluhan itu disampaikan Kepala Desa Maron Kidul, Ridwan, saat menghadiri Reses Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Kabupaten Probolinggo, di GOR Wijaya Maron, Senin (27/01) siang. Menurutnya, puncak kemacetan terjadi setiap Sabtu, yang merupakan hari pasaran hewan.

“Kalau hari pasaran (Sabtu), aktivitas pasar dapat mengganggu arus lalu lintas,” keluh Ridwan.

Pada puncak aktivitas pasar hewan, papar Ridwan, arus lalu lintas lumpuh karena banyak kendaraan pengangkut hewan parkir di tepi jalan, bahkan melakukan bongkar muat. Padahal badan jalan tak cukup lebar, sehingga antrian kendaraan tak terhindarkan.

“Sehingga membutuhkan, jalan lingkar untuk mengurangi kemacetan jalan di depan Pasar Maron sebagai jalur alternatif,” harapnya.

Menyikapi keluhan itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Probolinggo, Moh. Amin Haddar berjanji, pihaknya akan menindaklanjuti dengan memanggil Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo dan Dinas Perhubungan.

“Keluhan warga ini, nanti akan kita bawa ke ranah legislatif untuk mencari solusi terbaik. Nantinya, kita juga akan duduk bersama dengan sejumlah dinas terkait,” tandas Amin.

Opsi awal, papar mantan aktivis PMII ini, akan dibuat jalur alternatif selama aktifitas pasar hewan berlangsung. Rutenya, dari jalan desa selatan Puskesmas Maron, menuju jalur kali blok motoran hingga memasuki jala Desa Maron Kidul.

“Jalan lingkar ini untuk mengurangi kemacetan jalan di depan Pasar Maron. Selain itu, kami berharap lahan pasar lama agar difungsikan untuk kepentingan umum,” tutur Amin. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Pemkab Probolinggo Raih WTP Ke-9

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …