Aulia Pokak, dari Konsumsi Pengajian Menjadi Bisnis

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Niatnya hanya untuk suguhan pengajian ibu-ibu, justru menjadi bisnis yang menjanjikan. Sirup ‘Aulia Pokak’ olahan minuman di Kelurahan Wonoasih, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo kini mulai dilirik konsumen.

Ditemui di kediamannya Jalan Klengkeng RT 03 RW 03  produk ‘Aulia Pokak’ disajikan. Beberapa botol sirup pokak yang diproduksi oleh Aulia Setia Puspita ini siap disajikan. 

Menurut ibu empat anak ini, Industri Kecil Menengah (IKM) jenis pokak yang ia kelola sejak 2016 diawali dari iseng. Rumahnya yang sering jadi tuan rumah pengajian membuatnya sering membuat minuman pokak untuk minuman.

“Jadi awalnya itu hanya untuk konsumsi pengajian ibu-ibu. Tapi karena disukai akhirnya muncul ide kenapa tidak sekalian dijual,” jelas wanita 38 tahun ini Senin (4/11).

Sirup Pokak yang kini banyak diminati warga Kota Probolinggo. (Foto : Rahmad Soleh)

Akhirnya ia pun mulai memroduksi kecil-kecikan sejak 2016 lalu. Bahan bakunya tidak terlalu sulit seperti jahe, kayu manis, daun jeruk, sereh, cengkleh, plus gula. 

Bahan-bahan itu ia aduk dan dijadikan satu dengan cara direbus hingga bahannya menyatu. Lalu jika sudah menyatu didinginkan lalu dikemas.

“Selama ini saya jual di Pasar Minggu Alun-Alun. Selain itu juga dipromosikan di media sosial seperti facebook,” tambahnya. Harganya terbilang murah.

Untuk satu botol pokak instan dengan isi 500 ml biasa dijual Rp15 ribu. Sedangkan bubuk pokak juga Rp15 ribu. 

“Selain itu, saya juga sering mengikuti beberapa even seperti expo HSN, Expo Sapi Brujul termasuk di SPK Kecamatan. Beberapa konsunen tertarik bahkan ada yang dari Jakarta,” tutupnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publiser: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Belum Sepekan Jabat Kasatlantas, Putra Tukul Mulai Tertibkan Knalpot Brong

Baca Juga

May Day 2024, K-Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Perkuat Identitas Serikat Buruh

Probolinggo,- Peringati Hari Buruh Internasional (May Day), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Buruh Muslimin …