Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin saat menghadiri MTQ XXVIII 2019 di Kab. Tuban. (Foto : Humas dan Protokoler Pemkot Probolinggo)

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kota Probolinggo mengirimkan 22 kafilah untuk mengikuti enam cabang lomba dalam MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) XXVIII 2019 Tingkat Provinsi Jawa Timur, yang digelar di Kabupaten Tuban (25/10-2/11).

Enam cabang itu meliputi tartil quran, tilawah anak-anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, tahfidz 10 juz, 1 juz tilawah, syarhil quran, fahmil quran, khotil quran, cabang naskah, cabang hias mushaf, cabang dekorasi.

Dari enam cabang yang diikuti kontingen Kota Probolinggo, hanya 2 cabang yang dapat meraih kemenangan, yakni juara tiga di cabang hias mushaf atas nama Siti Halima dari Ponpes Riyadlus Sholihin.

Sementara juara harapan dua dari cabang tartil quran atas nama Faza Nur Hanifah Zain dari MI Kahasri. Dari perolehan tersebut Kota Probolinggo berada di peringkat 30 secara umum, sedangkan juara umum diraih oleh tuan rumah Kabupaten Tuban.

Wali Kota Probolinggo, Hadi  Zainal Abidin yang hadir dalam penutupan MTQ tersebut mengatakan, kedepan pihaknya akan terus mendidik dan mengkader untuk menumbuhkan bibit – bibit kafilah di Kota Probolinggo.

“Karena gelaran ini sangat bagus untuk kaum milineal supaya bisa melestarikan MTQ. Dan kita harus memberikan pemahaman pada kaum pemuda supaya bisa melakukan terbaik,” kata Wali Kota.

Hadi berharap, Kota Probolinggo bisa menjadi tuan rumah pada lomba MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur. “Saya harap Kota Probolinggo bisa menjadi tuan rumah, dan akan siap jika ditunjuk,” tuturnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Rizal Wahyudi