PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Nahas yang dialami Koeswidodo Agoes (60) , warga Kelurahan Kandang Jati Kulon, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, bisa menjadi pelajaran bagi yang lain. Gara-gara mengemudi dalam keadaan lelah dan mengantuk, kendaraan yang ia kemudikan terjun ke parit.

Peristiwa itu terjadi di ruas jalur pantura, tepatnya jalan raya Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Senin (4/11) sekitar pukul 8.00 Wib. Honda mobilio nopol N-1407-N yang dikemudikan Agoes, terjun ke dalam parit yang berada di selatan jalan.

Moh. Syafi’i (50) warga Desa Sukokerto, menyebut mulanya mobil warna putih yang hanya berisi satu orang tersebut melaju dari arah barat ke timur dengan kecepatan cukup tinggi. Sesampainya di lokasi kejadian, mendadak laju mobil hilang kendali.

“Mobilnya dari arah barat ke timur. Tiba-tiba saja melewati marka jalan lalu menabrak pohon dan jatuh ke parit. Sopirnya tidak apa-apa, cuma tadi memegang dada. Katanya sesak, sekarant sudah dibawa ke rumah sakit,” kata Syafi’i.

Saat kejadian, lanjut pria paruh baya ini, suasana jalur pantura setempat memang sepi sehingga tidak sampai menabrak kendaraan lain. “Tidak sampai menabrak pengendara lain, hanya mobilnya ringsek setelah tabrak pohon,” papar Syafi’i.

Anggota Satlantas Polres Probolinggo Aiptu Antonius Paul Gunadi yang memeriksa lokasi kejadian menjelaskan, dari keterangan yang didapat dari korban, diduga kuat insiden terjadi memang karena sopir dalam keadaan lelah dan mengantuk. Namun, ia tetap nekad mengemudi dengan kecepatan diatas 50 KM/jam.

“Kelelahan dan mengantuk, karena sejak tadi malam korban kurang istirahat. Korban tidak sadar ketika mobil melawan arus yang kemudian terbang ke parit sebelah selatan jalan,” tutur Antonius.

Pihaknya, tambah Antonius, tengah berupa mendatangkan kendaraan derek untuk mengangkat mobil korban dari dasar parit. Selain itu, jelasnya, petugas bekerja keras mengatur arus lalu lintas yang sempat tersendat pasca kejadian.

“Kita upayakan untuk mengangkat mobil dari parit secepatnya. Himbauan kami kepada pengguna jalan, silahkan berhenti dan beristirahat sebentar jika merasa capek dan mengantuk saat mengemudi di jalan raya,” imbau polisi senior ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT