Turun, Lahan Pertanian Diasuransikan di Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kesadaran masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk mengasuransikan lahan pertaniannya berkurang. Terbukti, pada tahun 2019 hanya 40,45 hektar lahan yang diasuransikan.

Hal itu disampaikan Kabid Pelaksana Penyuluhan dan Bina Usaha Tani pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo, Yahyadi. Jika pada tahun 2018 ada 71,37 hektar lahan yang diasuransikan, sedangkan pada 2019 hanya 40,45 lahan atau berkurang 21,92 hektar lahan.

Asuransi yang dimaksud adalah Asuransi Usaha Tanah Padi (AUTP) yang mana per Oktober 2019 hanya ada delapan desa melakukan AUTP.

Delapan desa tersebut adalah Desa Duren, Nogosaren, Prasi, Wangkal, Kecamatan Gading, untuk Kecamatan Gending hanya Desa Gending. Desa Asembagus untuk Kecamatan Kraksaan, dan Desa Pajarakan Kulon dan Sukokerto di Kecamatan Pajarakan.

“Turunnya lahan yang diasuransikan itu karena para petani menilai tanamannya sudah bagus. Selain itu memang dari kesadaran berasuransi tidak semua petani melakukan itu,” kata Yahyadi, Selasa (29/10).

AUTP ini dilatarbelakangi dari sektor usaha pertanian khususnya usaha tani padi dihadapkan pada risiko ketidakpastian yang cukup tinggi, antara lain kegagalan panen yang disebabkan perubahan iklim seperti banjir, kekeringan, serangan hama dan penyakit/ Organisme Penggangu Tumbuhan atau OPT yang menjadi sebab kerugian usaha petani.

Untuk menghindarkan dari keadaan tersebut pemerintah saat ini memberikan solusi terbaik berupa program AUTP, yang diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap risiko ketidakpastian dengan menjamin petani mendapatkan modal kerja untuk berusaha tani dari klaim asuransi.

“Kami terus mengimbau kepada para petani untuk mengasuransikan lahannya khususnya padi. Harapannya bisa mencegah risiko tersebut,” tandasnya. (*)


Penulis: Rahmad Soleh
Editor: Ikhsan Mahmudi


Baca Juga  Petani Keluhkan Harga Tomat Rp2.000 per Kilogram

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …