PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sempat kotor hingga dikeluhkan warga, Kali Pancor yang berada di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, mulai dibersihkan, Sabtu (12/10) pagi. Hasilnya kali yang sebelumnya kumuh kini menjadi bersih.

Sejumlah warga melakukan kerja bakti untuk membersihkan kali yang berada di Jalan Basuki Rachmad itu. Gotong royong pembersihan kali merupakan respons atas berbagai macam keluhan karena kali notanene berada di kawasan pemukiman penduduk.

Tak hanya warga sekitar, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kecamatan Mayangan, Babinsa dan petugas Koramil bahkan pemuda gereja juga ikut andil dan berpartisipasi membersihkan kali.

“Melihat kondisi kali pancor yang kotor, kita koordinasi dengan camat lalu kita lakukan kerja bakti dan gotong royong untuk membersihkan sungai,” kata Ketua LPM Mangunharjo, Rudi Purwanto di lokasi.

Yang menarik, dalam bersih-bersih kali ini ada door prize yang disuguhkan. Hadiah tersebut menjadi stimulan agar warga yang sebelumnya enggan membersihkan kali dapat tergugah kesadarannya. Alhasil tak sampai 2 jam, pembersihan kali pancor pun rampung.

“Kita sengaja sediakan door prize untuk menarik minat masyarakat khususnya kelompok pemudanya. Sehinggga mereka sadar bahwa membersihkan kali pancor menjadi tanggung jawab kita bersama,” tandas Rudi.

Rudi berharap, usai kali pancor dibersihkan warga juga ikut menjaga kebersihan kali. Yang tak kalah penting, jelasnya, warga tidak membuang sampah di sungai. “Menjadi cita-cita kita bersama untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” tutupnya.

Diketahui sebelumnya, Kali Pancor disorot dan dikeluhkan oleh warga karena penuh sampah hingga menimbulkan bau tidak sedap. Kali Pancor dinilai luput dari perhatian Pemerintah Kota Probolinggo, yang saat ini tengah gencar ‘mempercantik’ kali dan kawasan kumuh. (*)


Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad