Seleksi Sekda Kota Probolinggo; 10 Pejabat Lolos, 5 Kandas

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 15 pejabat mendaftar sebagai calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo. Dalam seleksi awal, 10 pejabat lolos ke tahap berikutnya sedangkan 5 pejabat terpental karena berkas administrasi dinyatakan tidak lengkap.

Kesepuluh pejabat yang lolos adalah Kepala Diskominfo, Aman Suryaman; Kepala Dinkes, drg Ninik Ira Wibawati; Kepala Bappeda Litbang, Rey Suwigtyo; Kepala Disbudpar, Tutang Heru Aribowo; dan Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan.

Selanjutnya ada Kepala Satpol PP, Agus Efendi; Kepala Bakesbangpol, Teguh Bagus Sujawanto; Kepala Dinas Perikanan, Sudiman; Kepala Dinas Perhubungan,; Sumadi; serta Kepala DP3KB, Sukam.

Sementara, 5 pejabat yang gagal seleksi adalah Kepala Disnaker, Wahono Arifin; Kepala DPM-PTSP, Dwi Hermanto; Asisten Pemerintahan, Gogol Sudjarwo; Kepala Dinas Perkim, Agus Hartadi; dan Kepala BKPSDM, Rachmadeta Antariksa.

“Pengumuman seleksi awal keluar pada Jumat sore (11/10) kemarin. Diitandatangani oleh Bapak Anom Surahno, selaku ketua pansel dan kepala BKD Jawa Timur,” terang Kepala BKPSDM Kota Probolinggo, Rachmadeta Antariksa, Sabtu, (12/10).

Peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tahapan selanjutnya. Pertama, tahapan penilaian (assessment) pada tanggal 14-15 Oktober 2019 di Gedung Assassment Center, kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur di Surabaya.

“Setelah itu, akan mengikuti uji gagasan dan wawancara oleh panitia seleksi pada tanggal 23 Oktober 2019. Namun, lokasinya belum dapat dipastikan,” papar Deta, sapaan akrab Rachmadeta Antariksa.

Menurut Deta, pihaknya juga tidak tahu menahu tentang pemeriksaan berkas administrasi pada pendaftar. BKPSDM, klaimnya, hanya menerima berkas pendaftaran dan menyampaikan ke Pansel untuk diperiksa.

“Jadi BKPSDM Kota Probolinggo hanya sekretariat yang menerima berkas pendaftaran saja,” Deta menjelaskan.

Sekedar informasi, posisi Sekda Kota Probolinggo lowong setelah pejabat sebelumnya, dr Bambang Agus Suwignyo memilih pensiun dini, pada Agustus lalu.

Baca Juga  Warga Keluhkan Sungai Dicemari Limbah Ayam

Saat ini, Sekda definitif diemban oleh Achmad Sudiyanto, yang menjabat sebagai Asisten Perekonomian Pembangunan (Asekbang) Kota Probolinggo. (*)


Penulis : Moch. Rochim
Editor : Efendi Muhammad


Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …