Pengesahan P-APBD Usai, Anggota Dewan Pelesir ke Bali 

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pasca pengesahan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) 2019, anggota DPRD Kota Probolinggo pelesiran ke Bali. Kunjungan itu disebut untuk peningkatan kapasitas anggota dewan.

Keberangkatan anggota dewan dimulai pada Minggu (29/9). Informasi yang dihimpun, mereka di Bali hanya sehari. Namun karena perjalanan via jalur darat, maka bis rombongan anggota dewan diprediksi baru tiba di Kota Probolinggo, pada Selasa (1/10) sore.

Mereka yang ikut kunjungan ke Pulau Dewata mayoritas merupakan anggota Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Bamus). Sementara anggota dewan diluar Banggar dan Bamus, tidak ikut dalam rombongan.

Ketua DPRD Kota Probolinggo, Abdul Mujib, membenarkan ada kunjungannya ke Bali. Menurut Mujib, kunjungan itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dewan, mengingat anggota dewan periode 2019-2024 banyak yang baru.

“Peningkatan kapasitas anggota dewan dan orientasi. Kami juga bisa mengambil manfaat dari kabupaten yang kita kunjungi,” terang Mujib saat dikonfirmasi, Senin (30/9).

Pulau Bali, jelas Mujib, dipilih sebagai lokasi kunjungan karena konten yang dibahas sesuai dengan daerah yang dituju yang juga tengah menyusun APBD. Sepulangnya dari Bali, dewan tutur Mujib, akan menyusun renja.

“Pasca ini, kita akan menyusun rencana kerja (Renja) dan pembahasan APBD 2020 serta membahas tata tertib (Tatib). Mengingat, tatib lama belum selesai dibahas,” Politisi PKB ini menjelaskan.

Hal senada disampaikan anggota dewan lainnya, Abdus Syukur. Polisi Golkar ini mengaku, kunjungi ke Bali dalam rangka pembelajaran paska pembahasan P-APBD 2019. Di kota atau kabupaten yang dikunjungi, ia diminta untuk mencermati hal-hal baru.

“Disana kita belajar banyak hal baru. Kita cermati untuk kemudian diaplikasikan di Kota Probolinggo” papar Syukur singkat. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Pengerjaan Molor 3 Bulan, Tol Paspro Tak Bisa Dilalui Pemudik

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …