Ada Layanan KB Gratis di RSUD Waluyo Jati

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan Kodim 0820 Probolinggo, mengadakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis, Minggu (6/10/2018).

Sebanyak 240 orang mengikuti pelayanan KB gratis dengan Metode Operasi wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP) yang digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan. Rinciannya, sebanyak 225 untuk MOW dan 15 berupa MOP.

Kepala DP2KB Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yulijanto mengatakan, agenda tersebut digelar untuk mengurangi angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Probolinggo. Dengan angka kehamilan rendah, maka secara otomatis juga akan berdampak pada turunnya angka kemiskinan.

“Karena mengurangi angka kemiskinan merupakan bagian dari target Bupati, jadi salah satunya dengan cara mengurangi kehamilan pada wanita dan pria tertentu yang memenuhi syarat,” ujarnya.

Syarat untuk mengikuti MOW-MOP ini, Anang menjelaskan bahwa ia harus berusia diatas 35 tahun dan sudah memiliki 3 anak. Selain itu, juga bagi wanita yang punya penyakit yang berdampak pada kelahiran, serta bagi mereka yang tidak memungkinkan untuk mempunyai keturunan lagi.

“Hal ini agar mereka lebih fokus untuk bekerja, dan mendidik anaknya supaya mendapat pendidikan yang tinggi. Pendidikan tinggi akan memudahkan anak-anak mendapat pekerjaan yang layak sehingga secara perlahan-lahan angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo bisa berkurang,” ungkapnya.

Menurut Anang, dari data yang dikantongi oleh DP2KB, hingga awal Oktober 2018 sudah ada 500 warga yang mengikuti program KB. Namun, ia tidak menjelaskan apakah mereka seluruhnya mengikuti program MOW-MOP atau program KB biasa.

“Metode operasi wanita (MOW, red) ini, ialah metode yang mengikat sel telur sehingga tidak bisa di buahi oleh sel sperma. Sementara Metode Operasi Pria (MOP, red) agar sel sperma tidak bisa membuahi sel telur,” tangkas dia. (*)

Baca Juga  Semipro Akan Digelar di Stadion Bayuangga, Jinggo Mania Protes

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …