Masa Pendaftaran Usai, Desa Bulu Terbanyak Cakades

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Masa pendaftaran calon kepala desa (Cakades) di Kabupaten Probolinggo, telah usai. Tahapan ini dimulai dari Kamis (5/9) hingga Selasa (17/9) lalu yang dilanjutkan pada tahapan verifikasi cakades.

Dari 12 yang akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades), total terdapat 46 calon kepala desa se Kabupaten Probolinggo yang sudah resmi mendaftarkan diri. Rinciannya, Desa Clarak dengan 7 Cakades lalu Desa Boto dengan 2 Cakades.

Selanjutnya Desa Bulu dengan 8 Cakades; Desa Rondokuning 3 Cakades; Desa Brumbungan Kidul 4 Cakades; Desa Tarokan 6 Cakades; Desa Kedawung 2 Cakades; Desa Matekan 4 Cakades; Desa Krampilan 2 Cakades; Desa Kecik 4 Cakades; Desa Jabung Sisir 2 Cakades serta Desa Petunjungan 2 Cakades.

Ketua Panitia Pilkades Desa Bulu, Mohamad Amin mengatakan, dalam tahapan verifikasi yang dimulai sejak Rabu (18/9) hingga Selasa (15/10) pihaknya akan memverifikasi persyaratan para calon kepala desa dengan cermat sebelum dilakukan penetapan pada Rabu (16/10).

“Kami akan cek mulai dari Ijazah, dukcapil (Akte, KK, KTP, red) surat dari kejaksaan terkait tindak pidana dan surat dari Pengadilan Negeri. Apakah cakadesnya berurusan dengan pidana dan yang lain, akan kami cek sesuai regulasi,” kata Amin, Minggu (22/9).

Soal jumlah kontestasi cakades yang terbanyak dibandingkan desa lain, menurut Amin, hal itu tak lepas dari gencarnya panitia dalam melakukan sosialisasi. Panitia, klaim Amin, mampu meyakinkan warga agar ikut berpartisipasi memajukan desa.

“Kami aktif, kami datangi seluruh RW di dusun dan juga organisasi masyarakat yang ada baik itu para pemuda dan muslimat yang tengah mengadakan pengajian. Kami sosialisasi secara intens,” ujar mantan aktivis IPNU dan PMII ini.

Dalam pemilihan kepala desa periode sebelumnya, lanjut Amin, Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan, hanya diikuti 2 calon kepala desa saja. Namun saat ini, jumlah cakades meningkat drastis bahkan menjadi rekor di desa tersebut.

Baca Juga  Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan, Wali Kota Probolinggo: Janji 100 Persen Terwujud

“Saya tidak tahu kenapa jumlah cakades sekarang yang mendaftar itu meningkat dibandingkan pilkades sebelumnya. Kami hanya memaksimalkan sosialisasinya saja, tidak ada strategi lain,” tutur Amin. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …