Bulan Depan, Perbaikan Jalur Pantura Kraksaan Ditarget Rampung

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Perbaikan jalan di jalur pantura Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo masih berlangsung. Rekonstruksi jalan sisi utara itu ditarget selesai pada minggu pertama Oktober 2019. Kini, pengerjaan itu tinggal pemadatan bahu jalan selebar 1,5 meter.

Pengawas Lapangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Aprianto, mengatakan, saat ini perbaikan jalan hanya tersisa bahu jalan sisi utara. Namun perbaikan itu terkendala oleh pepohonan, traffic light dan trotoar jalan

“Untuk itu kami akan berkoorsinasi dengan Dinas Perhubungan untuk pembongkaran fasilitas jalan tersebut. Agar proses perbaikan jalan segera selesai,” kata Aprianto, Jum’at (20/9).

Jika pembongkaran fasilitas jalan sudah dilakukan lanjut Apri, maka perbaikan jalan ditargetkan selesai dalam dua minggu ke depan. Begitu pula pemasangan ulang PJU traffic light yang sebelumnya dicopot.

“Setelah dipasang lagi, aktifitas lalu lintas jalur sebelah utara bisa kembali normal seperti biasanya,” jelas dia.

Namun, menurut Apri, perbaikan itu tak bisa begitu saja. Rekonstruksi dilakukan juga pada jalan sisi selatan yang akan dikerjakan dengan konsep yang sama. Begitu pula lebar jalan yang nantinya dirabat beton dengan lebar yang sama dengan sisi utara.

“Kami akan perbaiki juga persis dengan jalur sebelah utara dengan pemadatan bahu jalan selebar 1,5 meter. Total lebar jalan sisi utara itu 8,5 meter. Lebih lebar dari sebelum diperbaiki yang hanya 6 meter, begitu juga dengan jalur selatan,” terang Apri.

Perbaikan jalan tersebut, tambah Apri, sengaja dibangun menggunakan rabat beton, bukan aspal biasanya. Lantaran posis jalan tepat dengan persimpangan dan menjadi titik pusat kendaraan saat melakukan pengereman.

“Tentunya itu akan memberikan dampak besar pada kontur jalan. Jika ada kendaraan besar dengan muatan berat melakukan pengereman di jalan, pastinya membuat jalan bergelombang dan rusak,” terangnya. (*)

Baca Juga  Pengemudi Tak Tertib Picu Lalin Macet

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …