250 Relawan Bersihkan Pulau Gili, Sampah Plastik Mendominasi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kesadaran masyarakat dalam menjaga ekosistem bahari rupanya masih kurang. Hal ini terbukti dengan banyaknya sampah plastik yang masih ditemukan di wilayah pesisir Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Setidaknya 250 relawan pun berjibaku membersihkan sampah pada Kamis (12/9). Hasilnya mengejutkan, sebanyak 1 ton sampah berhasil dikumpulkan.

Dipimpin Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan IV (KSOP)  Tanjung Tembaga Probolinggo beserta , Satpolair Polres Probolinggo, Polsek Sumberasih, dan Kamladu pos Mayangan, aksi bersih-bersih dimulai dari dermaga baru Pulau Gili yang merupakan pintu masuk wisatawan saat hendak snorkeling.

“Kelestarian Pulau Gili sebagai wisata bahari ini menjadi tanggung jawab bersama. Makanya hari ini bersama ratusan relawan kita bersihkan sampah,” kata Ketua KSOP Probolinggo Tanjung Tembaga, Subuh Fakkurrohman kepada awak media.

Ia menambahkan, untuk menjaga kelestarian Pulau Gili perlu ekstra kepedulian tidak hanya masyarakat, namun juga wisatawan. “Kami berharap inj menjadi perhatian kita bersama, dan semoga tidak ada lagi pembuangan sampah di wisata laut terutama Pulau Gili ,” tandasnya.

Nantinya, sampah-sampah yang didominasi 90% plastik ini akan dikirim ke TPA Anggrek Kota Probolinggo menggunakan kapal khusus. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Hanya di Kota Probolinggo, Tukar Sampah Dapat Emas

Baca Juga

Libur Lebaran, Yuk Nikmati Sensasi Glamping di Kaki Gunung Semeru Sambil Bakar Jagung

Lumajang,- Berlibur usai lebaran memang menjadi momen yang dinantikan oleh kebanyakan keluarga. Kegiatan yang dilakukan …