PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kawanan hiu paus mulai bermunculan di perairan laut utara Probolinggo. Kemunculan mamalia laut langka ini dinilai dapat memberikan sensasi berbeda bagi warga yang hendak berwisata ke Pulau Gili Ketapang.

Salah satu nelayan, Baidhowi (36) menjelaskan, sudah dua hari ini ia melihat hiu paus dengan ukuran tubuh 6 hingga 7 meter berenang di perairan dangkal lepas pantai Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Lebar tubuh antara 2 hingga 2,5 meter.

“Saya lihat pas pulang dari menangkap ikan. Warna kulitnya coklat kegelapan, ada bintik-bintik putih disekujur tubuhnya, seperti tutul,” kata Baidhowi, Selasa (10/9).

Menurut Baidhowi, mamalia langka bernama latin Rhincodon Typus ini terlihat berenang secara berkoloni dan sesekali muncul ke permukaan. “Jinak kok, tidak mengganggu jalannya kapal ataupun nelayan,” ujar neyalan asal Mayangan ini.

Hal senada dikatakan Musonnif Kamil, penyedia layanan wisata snorkeling di Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih. Menurutnya, kawanan hiu paus ini mulai nampak sejak kapal mulai keluar dari pelabuhan.

“Kemarin saya lihat tiga ekor, tadi saya lihat sudah berpencar. Cuma belum sampai ke perairan Gili, di sekitar pelabuhan saja,” jelas Kamil.

Meski belum berkeliaran di perairan Gili, namun tutur Kamil, hal itu sudah cukup untuk memberikan sensasi bagi pengunjung yang akan menikmati wisata di Pulau Gili. Sebab selama perjalanan diatas kapal, wisatawan dapat melihat hiu paus dari dekat.

“Kalau tidak perjalanan, ya pas pulangnya dari Gili hiu dapat dilihat. Ini semacam bonus bagi pengunjung yang akan berwisata di Pulau Gili,” tandas pemuda asal Gili ini.

Sekedar informasi, hiu paus adalah hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar. Hiu yang berasal dari perairan Australia ini memang sering berimigrasi ke perairan Probolinggo karena faktor suhu dan ketersediaan makanan di habitat aslinya. (*)

 

Penulis : Moh. Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here