Upacara Hari Jadi Kota Probolinggo Gunakan 6 Bahasa

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tak seperti biasanya, Pemkot Probolinggo menggelar upacara berkostum budaya daerah. Bahkan juga digunakan enam bahasa pada upacara Hari Jadi Kota Probolinggo ke-660, Rabu (4/9) pagi.

Sempat bikin kaget, sebab komandan upacara justru membawa sajam jenis celurit.

Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin bersama anggota Forkopimda juga tampak berbusana daerah. Walikota yang akrab disapa Habib Hadi menggunakan gamis busana Arab, sedangkan Wawali M. Soufis Subri berbusana etnis Tionghoa.

Saat dimulai, enam bahasa secara bergantian digunakan mulai bahasa Jawa, Madura, Arab, Cina , Inggris dan Indonesia. Para peserta upacara sempat tertawa ketika bahasa cina diucapkan. Pasalnya banyak yang tidak mengetahui maksudnya.

Anggota TNI saat mengikuti upacara perayaan hari jadi Kota Probolinggo ke-660. (Foto : Rahmad Soleh)

Kepada awak media, walikota mengatakan, upacara berbagai bahasa dilengkapi busana daerah untuk mewujudkan toleransi. Apalagi Habib Hadi berbusana Arab dan wawali beretnis Tionghoa yang keduanya erat dikaitkan dengan kaum minoritas.

“Ini sebagai momentum perekat kebudayaan dan toleransi khususnya di Kota Probolinggo. Kami pastikan, menjamin semua lapisan masyarakat, termasuk etnis Arab dan Tionghoa yang minoritas,” ucapnya kepada awak media.

Walikota berharap, momentum ini tidak hanya pada seremonial Hari Jadi Kota Probolinggo. Tapi juga harus dilaksanakan dalam setiap kegiatan.

Tak hanya upacara, yang menarik juga ada atraksi dari anggota Kodim 0820. Atraksi kolone puluhan anggota TNI dengan membawa senjata AK 47 menarik perhatian.

“Itu tadi atraksi kolone dari anggota Kodim 0820, sebagai hadiah spesial dalam rangka Hari Jadi Kota Probolinggo,” kata Dandim 0820 Letkol Inf. Imam Wibowo. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Ugas, Heri, dan Edy, Berpacu Jadi Sekda Probolinggo

Baca Juga

Sempat Mandek, Pembangunan Gedung Inspektorat Kota Probolinggo Bakal Dilanjutkan

Probolinggo,- Pembangunan gedung Inspektorat Kota Probolinggo yang sempat mandek pada tahun 2023 lalu, akan kembali …