Tiga Nama Disiapkan PKB Kota Probolinggo Jadi Ketua Dewan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tiga kader disiapkan DPC PKB Kota Probolinggo untuk menjadi Ketua DPRD periode 2019-2024. Ketiganya, telah mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di kantor DPP PKB Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019) malam lalu.

Ketiga kandidat tersebut masing-masing Sekretaris DPC PKB Kota Probolinggo, Abdul Mujib lalu Machrus Ali dan Muhammad Muizuddin. Meski mengajukan 3 nama, namun keputusan posisi ketua dewan tetap berada di tangan DPP PKB.

“Tiga nama tersebut diajukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Salah satunya, memperoleh suara di atas 2.000 dalam Pemilu atau Pileg 2019,” kata Sekretaris DPC PKB Kota Probolinggo, Abdul Mujib, Senin (15/7/2019).

Diketahui, PKB sebagai parpol peraih suara terbanyak dalam pemilu legislatif (Pileg) 2019 berhak atas jatah kursi Ketua DPRD Kota Probolinggo. PKB mampu meraup 6 kursi dari total 30 kursi tersedia.

Sedangkan dua kursi pimpinan dewan lainnya, akan diisi oleh kader PDI Perjuangan dan Partai Golkar, yang berhasil menjadi pengumpul suara terbanyak kedua dan ketiga.

Meski kursi pimpinan DPRD menjadi wewenang DPP PKB, tidak demikian halnya dalam penentuan Ketua Fraksi dan alat kelengkapan dewan. Ketua Fraksi ditentukan DPW PKB Jawa Timur, sedangkan alat kelengkapan dewan menjadi kebijakan DPC Kota Probolinggo.

“Mekanisme partai memang seperti itu, ini masih dalam proses. Tunggu saja, nanti hasilnya akan kita publikasikan,” tandas Mujib. (*)

 

Penulis : Moh. Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Mantan Ketua KPU Probolinggo Jadi Ketua Gerindra

Baca Juga

Mau Nyalon Bupati lewat Jalur Independen? Ini Syarat Dukungan yang Harus Dipenuhi

Probolinggo,- Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Probolinggo akan digelar pada November 2024. Sejumlah nama …