Kisah Nenek Sunak, Penjual Kacang Yang Naik Haji

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Keinginan seorang lansia di Kelurahan Kebonsari Kulon dalam beribadah haji patut diteladani. Penjual kacang goreng bernama Sunak (65) ini bakal menunaikan haji tahun ini.

Niat dan tekad itu membuat ia menjadi inspirasi bagi sesama termasuk Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Jumat (5/7). Walikota yang akrab disapa Habib Hadi itu bertamu ke rumah Sunak.

Lansia yang sudah menjanda ini punya seorang anak dan dua cucu. Ia sudah lama menabung dengan menyisihkan hasil penjualan kacang goreng yang dititipkan dari kios ke kios, setiap bulan 600 ribu rupiah.

“Saya setiap hari nabung dari jualan kacang goreng. Tiap hari saya kumpulkan di baskom,” ucap Sunak sambil menunjukkan kacang yang biasa ia jual di rumahnya Jalan Cokroaminoto Gang Meranggi, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran.

Sunak sendiri awalnya bakal berangkat haji pada 2020 mendatang. Namun melalui anaknya Acun, Sunak menerima surat dari Kementerian Agama. Surat itu berisi, bahwa Mak Sunak berangkat lebih cepat dari perkiraan.

Habib Hadi mengaku bangga dengan niat dan tekad Sunak dalam beribadah haji. Usahanya patut ditiru masyarakat Kota Probolinggo khususnya.

“Niat dan keinginan adalah modal utama. Ini bisa jadi inspirasi bagi yang lain. Semoga warga Kota Probolinggo yang punya niatan bisa cepat mendapat panggilan. Jangan ragu-ragu, sisihkan dan kumpulkan terus,” ucapnya.

Nantinya Sunak bakal bergabung dengan 155 Calon Jemaah Haji (CJH) lainnya yang tergabung pada Kloter 9. Para jemaah tersebut bakal dilepas Walikota pada 8 Juli mendatang. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Belajar ke Bekasi, Pemkot Probolinggo Kembangkan Kartu Sehat Berbasis NIK

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …