PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinilai mengganggu warga, Satpol PP Kota Probolinggo mengevakuasi sarang lebah. Lebah dengan nama ilmiah ‘Vespa Affinis’ atau dikenal dengan lebah yang cukup berbahaya hingga pemilik rumah masuk Unit Gawat Darurat (UGD).

Sarang lebah tersebut berada di rumah Rendi Hartanto (31), Jalan WR. Supratman, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan. Bahkan sarang lebah ini sudah ada sejak 15 tahun lalu.

“Sarang tawon ini sebenarnya sudah lama sejak 15 tahun lalu. Pernah sekali menganggu tapi puncaknya kemarin saya sampai disengat. Karena saya alergi sampai harus masuk UGD rumah sakit,” kata Rendi, Jumat (14/6/2019).

Petugas menunjukkan sarang lebah berlumur madu yang diamankan. (Foto : Rahmad Soleh)9

Danru II Satpol PP Kota Probolinggo, Sulis Susanto mengatakan, pihaknya mendapat laporan Rendi. Dengan sejumlah peralatan, Satpol.PP memindahkan sarang lebah.

“Beberapa kali lebah madu  itu kita evakuasi. Lebah tersebut  berpotensi menyerang warga sekitar dan pengendara sehingga perlu dievakuasi,” ucap Sulis.

Pihaknya dibantu satu unit mobil. Namun sempat kesulitan membongkar sarang madu. Pasalnya sarang bertempat di plafon rumah sehingga harus dibongkar.

“Karena masuk plafon jadi kita harus bongkar. Butuh satu jam untuk bongkar-bongkar.  Bahkan anggota sampai sempat kena sengat tawon. Beruntung tidak terlalu berdampak,” tandasnya.

Sarang yang berhasil diambil lumayan banyak dan besar. Petugas sempat menunjukan sarang lebah disertai madunya untuk kemudian dibawa ke kantor Satpol PP. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here