PKB-Nasdem Kuasai Dapil 2, 3 Petahana ke Senayan

PANTURA7.com, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasdem mendominasi perolehan suara di Daerah Pemilihan Jawa Timur (Dapil Jatim) 2. Dua partai ini berhasil mengantarkan masing-masing dua kadernya ke gedung DPR RI di Senayan Jakarta.

Dari penghitungan suara versi internal Partai Golkar, PKB memperoleh perolehan suara tertinggi sebanyak 321.048 suara, disusul Partai Nasdem dengan 318.104 suara. Dibawahnya ada PDIP dengan 274.165 suara, lalu Golkar dengan 207.879 suara.

Partai Gerindra mengunci posisi 5 besar setelah memperoleh 164.237 suara. Dari kelima partai ini, Dapil 2 Jatim mengirimkan 7 wakilnya sebagai anggota DPR-RI. PKB dan Nasdem diprediksi mengirimkan dua wakil ke Senayan.

Sang jawara PKB, diperkirakan akan diwakili oleh Faisol Riza yang mampu meraup 82.553 suara dan mantan anggota DPRD Jatim, Anisah Syakur dengan perolehan 62.049 suara.

Sedangkan dari Partai Nasdem, Hasan Aminuddin yang memperoleh 196.886 suara dan Aminurrokhman 26.464 suara, dipastikan akam mengisi dua kursi DPR-RI. Tiga kursi tersisa, dibagi rata dari Golkar, PDI-P dan Gerindra.

PDIP mengantarkan caleg pendatang baru, Mufti A.N Anam dengan perolehan 95.625 suara. Mukhammad Misbakhun masih menjadi mesin Golkar dengan 113.357 suara, sementara Moekhlas Sidik menjadi wakil dari Gerindra dengan 41.581 suara.

Dari 7 caleg terpilih ini, hanya 3 politisi yang tercatat merupakan petahana periode sebelumnya. Mereka adalah Faisol Riza, Hasan Aminuddin, dan Mukhammad Misbakhun. Sedangkan 4 orang lainnya, merupakan caleg yang baru tahun ini mewakili Dapil Jatim 2. (*)

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Sah! Rusdi Sutejo Nakhodai Gerindra Kab. Pasuruan 

Baca Juga

Balon Independen Bakal Ramaikan Pilwali Kota Probolinggo, ini Visi Misinya

Probolinggo,- Sosialisasi Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo di …