Lagi, Santri Genggong Ukir Prestasi Internasional

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Prestasi emas ditorehkan oleh santri Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Dua santri MTs. Zainul Hasan, meraih medali dalam ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) di Thailand.

Dua santri tersebut adalah Salsabila Meisefiani dan Muhammad Rochim. Salsabila yang duduk di bangku kelas VIII meraih Bronze Medal atau medali perunggu, sementara Muhammad Rochim meraih Merit Medal setelah menjadi juara ke-empat.

Salsabila, santriwati asal Desa Brumbungan Lor, Kecamatan Gending dan Rochim, santri asal Desa Brumbungan Kidul, Kecamatan Maron, mendominasi 5 besar setelah menyisihkan ribuan peserta dari 21 negara. Negara peserta tak hanya dari asia, namun juga dari eropa.

“Alhamdulillah, meski tak juara pertama tetapi saya sangat bangga bisa membawa nama pesantren genggong di level internasional,” kata Rochim saat dikonfirmasi oleh PANTURA7.com, Senin (8/4/2019).

MTs. Zainul Hasan Genggong kirimkan dua pelajar ke olimpiade matematika internasional di Thailad. (Foto : Moh Ahsan Faradies).

Sementara, Kepala MTs Zaha Genggong K.H. Mohammad Hasan Naufal mengaku bangga sekaligus bersyukur atas torehan prestasi gemilang yang diukir dua santrinya itu. Awalnya Non Boy, begitu ia dipanggil, pesimis dua santrinya bisa untuk meraih medali di level internasional.

“Alhamdulillah, medali bronze sudah cukup. Saya berharap yang akan datang akan lebih baik lagi. Genggong untuk Umat, melangkah ke Internasional, pokoknya teristimewa,” bangga Non Boy.

Olimpade matematika internasional yang digelar di Kota Phuket Thailand merupakan lomba terbuka bagi pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Kompetisi ini tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (bilingual), yang proses seleksinya berlangsung sejak 13 Oktober 2018.

Lomba berlangsung dari tanggal 5 – 8 April 2019. Dua santri ini akan kembali ke tanah air pada Senin malam. Prestasi di kancah internasional ini, mengulang prestasi yang ditorehkan oleh SMA Unggulan Hafshawati, yang pada akhir 2018 lalu juga meraih medali di kompetisi internasional. (*)

Baca Juga  Tumbuhkan Budaya Literasi, MA. Zaha Genggong Gelar Pelatihan

 

 

Penulis : Moh. Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …