Sentra Penjualan Kambing Qurban Disidak Walikota, Ini Hasilnya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo dipimpin Walikota Rukmini, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) hewan korban ke tiga titik yang menjadi lokasi penjualan hewan kurban, Senin (20/8/2018). Hasilnya, Pemkot temukan belasan kambing tak layak qurban.

Beberapa lokasi penjualan hewan qurban yang disidak, diantaranya adalah pedagang di lapangan di Jalan Hayam Wuruk Kelurahan Jati, Jalan Bengawan Solo dan kawasan Ponpes Hidayatullah di Kelurahan Kedopok, Kecamatan Kedopok.

Walikota Probolinggo Rukmini mengatakan, sidak ini sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memberikan jaminan penyediaan hewan kurban yang aman, sehat, halal dan utuh menjelang Iedul Adha, 22 Agustus nanti.

“Ini sebagai sarana untuk memberikan penyuluhan kepada pedagang tentang syarat–syarat hewan kurban yang sesuai dengan syariat agama Islam dan sehat,” tukas Walikota Rukmini kepada wartawan.

Dalam sidak itu, petugas temukan satu ekor kambing diare, 13 ekor kambing sakit mata dari sebanyak 57 ekor hewan qurban di Ponpes Hidayatullah. Satu ekor kambing belum poel (cukup umur) di Jalan Bengawan Solo, sedangkan di lapangan Jati, tidak ditemukan hewan kurban bermasalah.

Walikota menghimbau, pembeli selektif dengan memilih kambing atau sapi yang sehat dan cukup umur sehingga memenuhi syarat sebagai hewan qurban. “Untuk penjual agar tidak menjual kambing yang belum layak, jika nekad nanti saya sendiri yang mendatangi penjualnya,” tegas Rukmini.

Sementara untuk harga jual kambing qurban, menurut Rukmini, harga jualnya masih stabil kisaran Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta per ekor, tergantung usia dan bobot tubuh. “Harganya masih stabil,” tandas istri mantan Walikota Probolinggo, Bukhori ini. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Listrik Sering Mati, Warga Tiris-Krucil Mengeluh

Baca Juga

Mimpi itu Kini Nyata! Penjual Sandal Keliling di Pasuruan Akhirnya Berangkat Haji

Pasuruan,- Bagi Yahya (48), warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, tahun 2024 ini menjadi …