Setahun, 242 Bayi Meninggal

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sepanjang tahun 2018, Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Probolinggo mencapai 12 kematian atau 64,95 per 100.000 KH. Sementara Angka Kematian Bayi (AKB) di tahun yang sama, mencapai 13,10/1000 KH atau 242 bayi.

“Untuk kasus AKI tertinggi di Kabupaten Probolinggo berada di wilayah Puskesmas Paiton. Kasus AKI banyak dialami oleh wanita usia produktif 20-35 tahun dan banyak terjadi pada waktu masa nifas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Anang Budi Yoelijanto, Selasa (29/1/2019).

Anang melanjutkan, kasus AKB terbanyak di wilayah Puskesmas Sumberasih. Penyebab kematian bayi tersebut diantaranya karena kecacatan 76 kasus, BBLR 72 kasus, infeksi 43 kasus, asfiksia 22 kasus. “Karena aspirasi 12 kasus, ileus 6 kasus dan lain-lain 11 kasus,” tegas dia.

Sementara Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari, penanganan kasus kematian ibu dan bayi, tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai ujung tombak. Tantri meminta semua pihak bekerja bersama-sama sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

“Saya ingin memberikan semangat dan mengingatkan kembali akan program Gemasiba (Gerakan Selamatkan Ibu dan Sehatkan Anak, red) untuk menurunkan AKI dan AKB di Kabupaten Probolinggo,” ucap Tantri.

Tantri menambahkan, terkait dengan segala sarana dan prasarananya untuk menekan AKI dan AKB nantinya bisa dialokasikan melalui Dana Desa (DD). Karena menurut ketentuan perundang-undangan, Kepala Desa (Kades) perbolehkan menyisihkan sebagian anggaran untuk pembangunan kesehatan.

“Kepala desa sudah menjadi ujung tombak dan ujung tombok. Karena setiap ada permasalahan, masyarakat larinya ke kepala desa mulai dari mau melahirkan, berobat dan sebagainya. Oleh karena itu kepala desa harus siap 24 jam, alokasikan DD untuk transport mengantarkan pasien ke rumah sakit,” tandasnya. (*)

Baca Juga  Muncul Klaster Baru Covid-19 di Kabupaten Probolinggo

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …