Wali Kota Probolinggo Terpilih Akan Batasi Minimarket

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menjamurnya minimarket di Kota Probolinggo dinilai mematikan pasar tradisional. Wali Kota Probolinggo terpilih, Habib Hadi Zainal Abidin menjanjikan, bakal membatasinya jumlah minimarket di Kota Bayuangga.

“Minimarket itu kan tempat belanja kelas menengah ke atas. Selain itu, hanya akan memperkaya masyarakat kelas menengah ke atas,” ujar Habib Hadi saat Muskercab PCNU Kota Probolinggo, akhir pekan lalu.

Politisi PKB itu menegaskan, bukan serta merta menolak keberadaan minimarket , namun membatasi menjamurnya minimarket yang terbendung. Dicontokan alangkah baiknya jika selain pasar tradisional mininarket ala UMKM yang digenjot, namun usaha tersebut perlu proses.

“Kita kaji dulu nanti setelah saya dilantik, yang jelas seharusnya di sisi lain yang juga diperhatikan ekonomi kecil dan menengah, kalau minimarket menjamur kan mereka bisa terancam,”jelasnya.

Terkait rencana tersebut, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo, Gatot Wahyudi menyambut baik rencana tersebut. Hal itu memang menurutnya tidak terlalu signifikan dampaknya.

“Ya saya setuju keberadaan minimarket waralaba perlu dibatasi. Pasalnya sudah terlalu banyak. Apalagi jaraknya berdekatan, padahal minimal jarak antar minimarket satu kilometer, nah ini tidak sampai,” ucap Gatot.

Ia memberi contoh, di Ketapang yang jaraknya tak terlalu jauh. Lebih dalam Gatot menegaskan, bahwa dalam penentuan ijin penambahan minimarket waralaba itu ada tim yang terdiri dari beberapa instansi.

“Ada DKUPP, Perijinan, PU di antaranya. Nah tim ini yang menentukan untuk kemudian direkomendasikan ke wali kota. Misal DKUPP menolak, kalau instansi lain nenyetujui kan tetap jalan,” terang Gatot.

Termasuk dari sisi PAD, pihaknya mengaku tidak terlalu besar. Ia pun berharap jika rencana itu dibuat wali kota terpilih yang akan datang, pihaknya pun siap melakukan apa-apa yang diinstruksikan. Namun tentunya juga diperkuat dengan regulasi yang ada. (*)

Baca Juga  JPU Kian Banyak Dimatikan, Kota Probolinggo Makin Gelap Gulita

Penulis: Rahmad Soleh
Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Top! Pemkab Lumajang Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Dadan Pemeriksaan …