Pelantikan Kades Baru Bisa Picu Penyebaran Covid-19

PROBOLINGGO,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengingatkan, para kepala desa (kades) terpilih agar tidak berlebihan merayakan kemenangan, apalagi dengan mengakibatkan kerumunan. Sebab hal itu bisa memicu meningkatnya penyebaran Covid-19.

“Mengingat saat ini kami masih berjuang untuk memulihkan kondisi di masa pandemi dengan seluruh instansi. Oleh karena itu, kami harap bagi kades terpilih tidak menggelar perayaan dalam bentuk apa pun yang mengundang banyak orang nantinya,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, Rabu (2/3/2022).

Pelantikan kades terpilih, lanjut Heri, direncanakan digelar 30 Mei 2022 mendatang. Hanya saja jadwal tersebut akan dikoordinasikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kondisi pandemi ini memang harus dimengerti semua orang, termasuk para kepala desa terpilih. Karena saat ini kasus positif Covid-19 terus meningkat. Terlebih dengan adanya Covid-19 varian Omicron dan ini harus dipahami,” ujar mantan Kepala Dinas Perhubungan ini.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan, jika perkembangan kasus Covid-19 varian Omicron sedang naik. Karena itu, keterlibatan semua pihak, termasuk kades terpilih sangat dibutuhkan.

“Kepala desa mempunyai peran penting untuk mengurangi penyebaran kasus Covid-19. Mulai dari disiplin prokes hingga mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 di desanya. Apalagi saat ini Kabupaten Probolinggo masuk ke level 3,” tutur dr. Viro, panggilan akrab dr Dewi Vironica.

Selebihnya, sambung dr. Viro, dengan dilantiknya ratusan pemimpin desa baru juga menjadi udara segar bagi pemerintah. Sebab, diharapakan bisa mendukung program pemerintah untuk menyukseskan capaian vaksin di Kabupaten Probolinggo.

“Alangkah lebih baik, mengajak pendukungnya untuk mensukseskan vaksin dan menghindari euforia dengan mengundang kerumunan massa. Terlebih kepala desa juga merupakan mitra kami dan Pemkab Probolinggo,” tutur perempuan asal Balikpapan ini. (*)

Baca Juga  Masih di Bawah Target 70%, Dinkes Genjot Vaksinasi Lansia

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …