Walikota Dukung Pengusutan Uang Pelicin Jadi Karyawan RSUD dr. Mohammad Saleh

Probolinggo – Aksi demo yang digelar puluhan eks-karyawan RSUD dr. Mohamad Saleh didampingi puluhan pegiat Aliansi LSM mengungkap kasus lain. Sebab Aliansi LSM mengirimkan surat terbuka ditujukan kepada sejumlah penegak hukum terkait dugaan suap dari calon karyawan RSUD kepada oknum managemen RSUD.

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengaku, mendukung pengusutan kasus “uang pelicin” seperti diungkap dalam surat terbuka yang dikirim Aliansi LSM. Aliansi LSM mennyebutkan, 128 eks-karyawan RSUD dulu pernah diminta menyetor uang kepada oknum pimpinan RSUD sebelumnya.

Dalam rilis yang digelar di Command Center Pemkot Probolinggo, walikota mengatakan, surat terbuka dari Aliansi LSM ditujukan kepada Presiden RI, Menteri Dalam Negeri, Kejaksaan Negeri, hingga Polres Probolinggo Kota.

“Kami berterima kasih dan mendukung kepada Aliansi LSM yang telah menunjukkan surat terbuka yang berisi informasi karyawan yang diminta menyetorkan uang agar dapat masuk menjadi karyawan. Silakan diusut dan dibongkar kasus ini,” ujar walikota.

Selain itu, jika terbukti pugutan itu dilakukan oleh ASN, kata walikota, maka ASN tersebut harus siap menerima konsekuensi sanksi terberat dari Inspektorat dan Bagian Hukum. Selain itu, karena adanya surat rekomendasi terkait adanya pungutan sekitar Rp30 juta hingga Rp50 juta per karyawan RSUD, maka Pemkot Probolinggo berkirim surat kepada DPRD Kota Probolinggo untuk membuat pansus.

Pansus ini nantinya akan mengusut dan membuka siapa yang terlibat dalam hal ini. Selain itu, dengan adanya pansus ini, semoga dapat membongkar masalah terkait adanya penarikan yang telah disuarakan oleh Aliansi LSM kepada 128 karyawan yang diberhentikan.

“Selain 128 karyawan ini, kami membuka pintu kepada seluruh warga untuk melapor baik ke Aliansi LSM, maupun informasikan ke saya terkait adanya pungutan untuk masuk menjadi pegawai di lingkungan Pemkot Probolinggo,” imbuh walikota. (*)

Baca Juga  Berjualan di Lampu Merah, Pedagang Ditertibkan

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …