Tiga Pekan Awal 2019, Penderita DBD Capai 19 Orang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) hingga pekan ketiga awal 2019 di Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan signifikan. Hingga Jum’at (18/1/2019), Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mencatat ada 19 penderita.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kabupaten Probolinggo Dewi Veronica mengatakan, tren kenaikan jumlah DBD memang sudah diprediksi sebelumnya. Selain mengacu pada siklus 3 tahunan, juga didasarkan oleh penelitian yang dilakukan Dinkes.

“Kalau ini mengikuti trennya, yang setiap 3 tahun DBD meningkat, maka pasti jumlah DBD di tahun  bakal meningkat. Hal itu sama seperti tahun 2016 silam,” kata Dewi.

Sejak awal tahun hingga saat ini, lanjut pejabat kelahiran Kota Balikpapan ini, terdapat 19 penderita DBD di Kabupaten Probolinggo. “Itu sampai hari ini saja, semoga saja tidak ada penderita yang meninggal dunia,” harapnya.

Merujuk tren penderita DBD selama 3 tahun terakhir, jumlah penderita DBD tertinggi terjadi pada tahun 2016 dengan jumlah penderita sebanyak 487 pasien. Dua tahun setelahnya, jumlah DBD terus menurun.

“Selama tiga tahun terakhir, total terdapat 808 pasien yang terjangkit demam berdarah, dengan jumlah tertinggi pada tahun 2016, yakni sebanyak 478 orang dimana 10 kejadian berakhir dengan kematian pasien,” urai Dewi.

Pada tahun 2017, Dewi menuturkan, terdapat 241 pasien DBD dengan 5 orang meninggal dunia. “Sedangkan di tahun 2018 terdapat 80 pasien DBD dengan 4 orang meninggal dunia,” pungkasnya. (*)

 

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Kota Probolinggo Bakal Jadi 'City of Logistic', Apa Itu?

Baca Juga

Pusat Oleh-oleh Kaboki di Pasuruan Terbakar, Satpam Ditangkap Polisi

Pasuruan,- Pusat oleh-oleh atau pabrik tas rajut Kaboki di Desa Lecari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, …